Engineer lagi idle kudu siapkan ini sebelum wawancara

Panji Ryan Widhi
1

Hai engineer yang sedang idle,

apa kabarnya? semoga tetap semangat ya improve diri.

Akhir-akhir ini saya berkesempatan membantu perusahaan untuk mewawancarai kandidat yang melamar sebuah pekerjaan profesional IT Telco.



Di sela pekerjaan harian, saya menyempatkan diri untuk turut memberikan pertanyaan atau memvalidasi kelayakan pelamar akan sebuah posisi teknis.

Dari 7 orang yang sempat diwawancara, memang CVnya bagus-bagus, 

Namun ketika masuk ke pertanyaan teknis sesuai kebutuhan user, maka sebagian tidak dapat menjawabnya untuk pertanyaaan-pertanyaan yang sebenarnya basic dan terkait dengan bidang yang mereka lamar. Ada yang dapat menjawabnya ada yang tidak.


Nah saya ingin berbagi pengalaman kepada temen-temen yang setia nih membaca blog ini, bahwa jika ingin sukses dilirik oleh user yang menginterview dan mengefisiensikan waktu juga efektif, setidaknya Anda harus memperhatikan hal-hal berikut :

- lamar hanya jika itu memang bidang atau minat anda, setidaknya punya knowledge di bagian yang anda lamar

- jangan over confidence ataupun over pessimistic 

- ceritakan pengalaman kerja yang terkait dengan yang dibutuhkan oleh pewawancara/user secara singkat padat dan jelas. Terlalu panjang dan lama malah membuat buang waktu dan energi

- apabila online interview dan diminta open camera maka lakukanlah tanpa memandang yang menginterview open atau tidak. Sudah tau jadwal interview maka harusnya jika anda serius,persiapkanlah waktu dan tempatnya

- ingatlah attitude anda diperhatikan selama wawancara berlangsung

- jangan mencontek melalui aplikasi lain di layar anda, penginterview tau kok anda sedang menyontek atau tidak.

- bertanya jika memang diberikan kesempatan untuk bertanya.

- jangan menebak pertanyaan selanjutnya dari pewawancara meskipun kamu tahu, misalnya ketika ditanya apa kelebihan anda, lalu anda lanjutkan dengan kekurangan anda padahal yang ditanyakan hanya kelebihan. Itu contohnya saja ya...

- bahasa Inggris, di bagian tertentu mengharuskan anda bisa mempresentasikan dalam bahasa Inggris karena berhubungan dengan orang luar negeri. Tidak jago banget gak apa-apa kok,asal mengerti apa yang disampaikan dan memahami yang orang sampaikan.

Sudah itu saja dulu,

intinya attitude yang pertama bagi saya, baru kemudian secara teknis dan loyalitas.

Jangan anggap penginterview tidak tahu track record anda sebelumnya, apalagi yang punya bad record seperti misalkan baru bekerja 1-2 bulan langsung menyerah keluar di luar kontrak.


Oke, selamat mencari dan semoga anda mendapatkan tempat terbaik,

aamiinn

Posting Komentar

1Komentar

Silahkan berkomentar yang baik di sini :) (no junk)

  1. Tambahan lagi lupa saya tulis, yaitu kemampuan berbahasa Inggris

    BalasHapus
Posting Komentar

Search Another