Perbedaan Planning Tool Atoll dan Planet

Panji Ryan Widhi
0
Planning tool untuk perencanaan jaringan seluler 2G,3G,4G hingga 5G itu ada berbagai macam produknya, 
kita sebutkan saja beberapa yang sering digunakan misalnya :

Asset Aircom
Netact
Unet
Atoll
Tems Cell Planner
Mentum Planet / Planet

Persamaan dari semua planning tool di atas adalah sama-sama memerlukan antena pattern, digital map yang terdiri dari clutter dan height, database site, propagation model.

Sedangkan Perbedaannya adalah pada segi tampilan (User Interfacenya), fitur-fiturnya dan license. Dari license saja misalnya, jika pada Atoll untuk urusan license masih menggunakan dongle (saya kurang tau yang sekarang ya) sedangkan untuk Planet sudah soft license tidak memerlukan dongle.

Atoll lebih mudah dicrack dibandingkan Planet. Di dalam planet mentum ini sudah diembed map info pro, namun tidak bisa ada lebih dari 1 installan map info pada laptop/PC yang digunakan oleh Planet.
Atoll bisa merunning coverage plot suatu site walau tanpa memasukkan peta digitalnya, sedangkan di Planet, anda harus memasukkan peta digitalnya terlebih dahulu dan antena patternnya sebelum merunning covplot site.

Tentu saja lebih baik Planet dalam hal ini. Hanya dalam soal perlisensian saja yang lebih kompleks untuk Planet dibandingkan dengan Atoll, karena Planet mempunyai banyak lisensi-lisensi modul yang terbagi atas teknologi 2G hingga 5G dan lisensi untuk Automatic Site Placement, Automatic Cell Planning.
Untuk fitur-fitur bisa dikatakan lebih banyak dan detail di Planet daripada Atoll,
dan dari segi keringanan software tentu lebih di Atoll.






Posting Komentar

0Komentar

Silahkan berkomentar yang baik di sini :) (no junk)

Posting Komentar (0)

Search Another