Cara Mengaudit PCI dengan Atoll

Panji Ryan Widhi
0
Halo, di kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang cara mengaudit PCI plan di suatu network. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa PCI itu adalah bagian dari teknologi 4G dan interferensinya terdiri atas beberapa jenis sbb :

1. PCI Collision

2. PCI Confussion

3. PCI Mod3 Collision

4. PCI Mod6 Collision

5. PCI Mod30 Collision

Jika teman-teman perhatikan, semua jenis interferensi PCI itu kok macam-macam ya? dan dimana perbedaannya? kirain cuma satu atau dua saja? nah ini yang sebagian besar teman-teman belum tahu. Semuanya sudah dibahas di kelas basic RF atau versi Ecoursenya di link Ecourse RF Basic , saya tidak menuliskan di sini karena akan kepanjangan dan pegal hehe, jadi lebih enak langsung disampaikan.

Nah, dan untuk mengaudit PCI kita menggunakan planning tool umum yang bernama Atoll ya. Hanya jenis nomor 3 yang tidak masuk ke dalam audit Atoll ini. Simak di video berikut ini :



Video berikutnya :


Segitu dulu ya dengan Atollnya, sebenarnya ada cara kedua yaitu menggunakan formula excel, namun kekurangannya adalah hanya bisa mendeteksi jenis nomor 1 dan 2 saja sehingga memang lebih oke pakai atoll. 

Kekurangan Atoll?  ada yaitu anda butuh banyak persiapan untuk setup seperti map, propagation model, antenna, dan database site itu sendiri.

Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar

0Komentar

Silahkan berkomentar yang baik di sini :) (no junk)

Posting Komentar (0)

Search Another