Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Search

Jumat, 29 Juli 2016

Online Coverage Simulation

 Sebelumnya terima kasih untuk temanku yang memperkenalkan online coverage tool simulation ini secara tidak sengaja.
Mengapa gak dari dulu saya tau ya? hahaha
Selama ini saya plan tilting untuk coverage planning hanya mengandalkan "feeling" dan simulasi planning tool seperti MCP, Atoll, Unet, dll. Ternyata di internet ada tool simulasi instan untuk memperkirakan sejauh apa coverage dari suatu site.
 Memang sih untuk tools online yang satu ini kelebihannya adalah kita akan mendapatkan rekomendasi secara cepat untuk tinggi antena dan tilt antena, tetapi kekurangannya  adalah kita tidak dapat mengetahui berapa level dBnya dan tidak tersedia pilihan Mech tilt dan Electrical Tiltnya, dan juga simulasi hanya untuk single site saja. Sedangkan kelebihannya adalah simulasi ini cukup membantu kita untuk memprediksi secara cepat guna mendapatkan rekomendasi berapa tilt atau height yang ingin diubah, ditambah lagi kalkulasi ini sudah mempertimbangkan kontur atau gedung yang dibaca melalui google earth.
 Idenya seperti ini : cari site yang diduga sebagai overshooter, atau spot yang poor coverage lalu simulasikan di online tools ini. Setelah mendapatkan datanya, baru kita masuk ke analisis yang lebih detil lagi dengan menggunakan planning tool yang kita miliki untuk kemudian kita run global beberapa site di area yang ingin kita periksa.

Silahkan dicoba di http://www.gyokovsolutions.com/G-NetTilt/G-NetTilt.html


Anda harus menginstall terlebih dahulu google earth dan browser yang digunakan adalah firefox (entah browser lain bisa juga atau tidak).
Data yang diinput di tool itu adalah :
- Longitude, Latitude atau create site manual di peta
- Antenna Height
- Antenna Beamwidth Vertical dan Horizontal, nilainya bisa anda cari di spesifikasi antena yang digunakan.

3 komentar:

wawan mengatakan...

sebelumnya terimakasih,sudahsudah satu bulan lebih pake aplikasi itu, untuk aplikasi tersebut tilting nya itu total ya? MT+ET ?

Panji RW mengatakan...

iya itu diasumsikan total tilting MT+ET, itu kelemahannya karena kita tidak tau persisnya : misalnya total 8, ETnya 5 MTnya 3 atau sebaliknya MT5 ET3, atau bahkan MT7 ET1, dll.

wawan mengatakan...

yap. semoga kedepanya ada custom tilt nya

Search Another

Amazone Stores

Blog search