HSDPA Inter Frequency Load Sharing

Panji Ryan Widhi
0
Haii bloggers, readers, engineer, masters ...
kali ini saya coba buka topik tentang pembagian beban HSDPA , kali aja ada master yang muncul di sini coz saya juga baru mempelajarinya. Langsung saja disimak berikut ini :

Fitur HSDPA Inter Frequency Load Sharing memungkinkan operator untuk mengkonfigurasi beban HSDPA dan membaginya antara beberapa coverage yang berhubungan dengan HSDPA capable carriers. Beban diukur berdasarkan jumlah HS users sembari memperhitungkan UE dan cell capability sehubungan dengan EUL, MIMO, dan multi carrier. Fitur ini bisa ditrigger ketika jaringan ingin tersambung / establish dari FACH atau DCH ke HSDPA. 

Ketika fitur ini ditrigger/aktif, maka ada 5 kandidat target sel yang akan dievaluasi termasuk source cell itu sendiri. Namun load sharing tidak berlaku pada DRNC cell (Drift Radio Network Controller) via Iur.

Perhatikan prinsip" berikut :
- UEs dengan multicarrier capability dapat melakukan loadsharing antara sel sel lain yg juga mempunyai multicarrier.
- UEs yang mempunyai MIMO capability dapat melakukan loadsharing antara MIMO capable cell
- UEs dengan EUL capability dapat melakukan loadsharing antara EUL capable cell, dan
- UEs yang hanya memiliki HSDPA capability dapat melakukan loadsharing antara semua HSDPA capable cell
- Loadsharing berdasarkan perhitungan sisa free resources pada source cell, dan pada kandidat sel berdasarkan pada first bullet (apa yah yg dimaksud?) 
- Jika UE dan current cell mempunyai capability berhubungan dengan HSDPA, EUL, MIMO atau MC (multicarrier) yang sama, maka loadsharing ditrigger oleh load threshold pada current cell. Jika current cell tidak mempunyai capability yang sama dan jika ada kandidat sel dengan capability yang lebih tinggi , maka loadsharing redirection sebaiknya selalu dilakukan terlepas dari beban source cell.

Lalu kita masuk ke parameter salah satu vendor :
hsIflsThreshUsers
adalah parameter yang digunakan untuk men-trigger threshold jumlah user HSDPA untuk mengevaluasi loadsharing di suatu cell. Kemudian ada parameter hsIflsMarginUsers yang digunakan untuk menyeimbangkan (balance) beban (load) antar sel. 
Kandidat sel loadsharing HSDPA dikonfigurasi oleh pendefinisian coverage relation dan settingan hsloadsharing = On.

Langkah 1 - Aktifasi Fitur

HSDPA loadsharing dapat ditrigger ketika mulai koneksi ke HSDPA, contohnya ketika koneksi baru HSDPA dimulai dari idle atau FACH, atau ketika koneksi di-switch ke HSDPA dari FACH atau DCH (dedicated channel). Kemudian kondisi berikut inilah yang diperiksa :

* fitur HSDPA loadsharing tersedia (license is on) dan aktifasi di sel ( hsIflsThreshUsers > 0)
* merupakan SRNC cell (Serving Radio Network Controller)

Langkah 2 - Sel kandidat dan Band filtering


Setidaknya harus ada 1 HSDPA loadsharing candidate cell yang didefine dari current cell. Sel-sel pada band frekuensi yang UE tidak support maka tidak bisa digunakan dan difilter. Jika tidak ada kandidat sel yang didefine atau semua dibuang oleh band filtering, maka HSDPA loadsharing dibatalkan.

Langkah 3 - Cek Pathloss

Jika HSDPA RAB setup dari SRB (signalling radio bearer) maka pathloss check harus berhasil/lulus sebelum blind IFHO ditrigger (blind IFHO ini HO antar frek tanpa pengukuran). Catat bahwa pathloss check tidak dilakukan sebelum upswitch dari FACH. Pathloss dikalkulasi sebagai power transmisi CPICH kurangi dgn nilai DL CPICH RSCP, batasnya ditentukan oleh parameter sel pathloss threshold. Jika pathloss terlalu tinggi maka HSDPA loadsharing dibatalkan.


Langkah 4 - Evaluasi
Langkah berikut menggambarkan evaluasi untuk memilih target cell berdasarkan capabilities dan beban (load) :
* Sebuah UE yang MC capable sebaiknya hanya menggunakan MC capable cells sebagai kandidat sel. Jika UE dan kandidat sel mempunyai MC capability maka dilanjutkan step berikutnya....
* UE yang MIMO capable pun juga sama seperti di atas....
* UE yang EUL capable juga sama dengan yang di atas.....
* UE yang  HSDPA capable juga sama dengan yang di atas....., bila sebaliknya maka dihentikan. 
 Kondisi trigger di source cell didefinisikan sebagai : Jumlah user HS > hsIflsThreshUsers.

Untuk tiap kasus di atas (MC, MIMO, EUL, HSDPA), jika source cell UE tidak mempunyai capability yang sama, tetapi ada kandidat lain dengan capability yang sama, maka trigger di source cell tidak diaplikasikan, dan kondisi histerisis load antar sel tidak diaplikasikan, tetapi UE akan selalu setup di sel lain dengan capability yang lebih tinggi.

Compute remaining resources rr (regarding number of HSDPA users) in the source cell and in each candidate cell:
rr = hsdpaUsersAdm - no_of_HS_users - hsIflsMarginUsers * hsdpaUsersAdm .
Jangan lihat kandidat sel di mana rr <= 0, atau di mana
no_of_HS_users >= hsdpaUsersAdm atau di mana
number of serving cell EUL users >= eulServingCellUsersAdm ,
atau HS dalam keadaan congested state.
Hysteresis condition: rr in candidate cell > (1 + iflsHyst ) * rr in source cell.

Pilih sel yang mempunyai banyak sisa resources berdasarkan rumus di atas yang memenuhi kriteria. Lalu lanjutkan RAB setup / Reconfiguration ke HSDPA. Blin IFHO atau rekonfigurasi mungkin akan dilakukan dalam urutan jika target cell berbeda dengan source.



Gambar. HSDPA resource evaluation

Sebentar...nih ada definisi Parameternya (bhs inggris ya):

eulServingCellUsersAdm   Cell parameter that defines the admission limit for the number of EUL users having the cell as serving cell
coverageRelation   Used to define a coverage related candidate cell, that can be used as a target for loadsharing. Applies to both HSDPA and Non-HSPA loadsharing, and is also used by HS cell selection.
  • hsLoadsharing. If this attribute is set to ON, this coverage relation applies for HSDPA IF loadsharing.
  • dchLoadsharing. If this attribute is set to ON, this coverage relation applies for Non-HSPA IF loadsharing.
  • hsCellSelection. Can be set to ON in only one coverage relation out from the same cell. Defines that this coverage relation applies for HS cell selection. 
hsIflsMarginUsers   An Operator cell parameter. Defines a number of serving cell HS users that shall be subtracted when computing the remaining resources in a cell. Defined as percent of the admission limit hsdpaUsersAdm
hsIflsThreshUsers   An Operator cell parameter. Defined as percent of the admission limit hsdpaUsersAdm. More than this number of HS serving cell users are required to trigger HS load sharing out from the cell. If set to 0 the feature is OFF in the cell.

hsdpaUsersAdm   Cell parameter that defines the admission limit for the number of users assigned to the HS-DSCH (High Speed Downlink Shared Channel) Applicable to admission requests related to RAB setup of an HSDPA service.

hsIflsMarginUsers   An Operator cell parameter. Defines a number of serving cell HS users that shall be subtracted when computing the remaining resources in a cell. Defined as percent of the admission limit hsdpaUsersAdm. 





      

Posting Komentar

0Komentar

Silahkan berkomentar yang baik di sini :) (no junk)

Posting Komentar (0)

Search Another