Dasar Telekomunikasi

Panji Ryan Widhi
0

Telekomunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan informasi jarak jauh. Informasi ini dapat berupa suara, gambar, data, ataupun pesan teks. Telekomunikasi melibatkan penggunaan satu atau lebih jenis media komunikasi seperti telepon kabel, telepon seluler, radio, jaringan komputer, satelit, dan sistem komunikasi nirkabel lainnya. 



Pada dasarnya, telekomunikasi terbagi menjadi dua bagian utama yaitu, transmisi dan penerimaan informasi. Transmisi adalah proses pengiriman informasi dari satu titik ke titik lain, sedangkan penerimaan adalah proses menerima informasi di titik tujuan.


Proses transmisi diawali dengan proses modulasi sinyal informasi. Tujuannya adalah mengubah sinyal informasi menjadi bentuk gelombang yang sesuai untuk dikirimkan melalui suatu saluran transmisi. Saluran transmisi bisa berupa kabel, udara, ruang hampa, dan media lainnya. Saluran transmisi berfungsi sebagai media perambatan gelombang komunikasi.


Di sisi penerimaan, sinyal informasi hasil modulasi yang diterima kemudian mengalami proses demodulasi. Proses ini merupakan kebalikan dari modulasi, yaitu mengembalikan sinyal ke dalam bentuk informasi semula. Setelah itu, informasi siap digunakan oleh pengguna.


Dalam perjalanannya, sinyal informasi bisa saja mengalami gangguan atau noise di dalam saluran transmisi, baik yang disebabkan oleh faktor alam, maupun buatan manusia. Untuk meminimalkan kesalahan penerimaan informasi akibat gangguan tersebut, biasanya ditambahkan perangkat khusus berupa pengkode sinyal di sisi pengirim dan pendekode sinyal di sisi penerima.


Telekomunikasi dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu telekomunikasi terpandu dan telekomunikasi tak berpandu. Telekomunikasi terpandu menggunakan pandu gelombang fisik seperti kabel untuk meneruskan sinyal informasi. Contohnya telepon kabel dan jaringan serat optik. Sedangkan telekomunikasi tak berpandu tidak menggunakan pandu gelombang fisik, melainkan gelombang elektromagnetik yang merambat di udara atau ruang hampa. Contohnya radio, televisi, radar, satelit, dan telepon seluler.


Demikian penjelasan singkat mengenai dasar-dasar dari sistem telekomunikasi. Intinya, telekomunikasi adalah teknologi vital yang memungkinkan kita saling berbagi informasi jarak jauh dengan mudah, cepat, dan aman. Komponen utamanya meliputi perangkat pengirim dan penerima yang dihubungkan oleh saluran transmisi nirkabel maupun berkabel. Semakin canggih peradaban manusia, semakin pesat pula perkembangan teknologi telekomunikasi.

Posting Komentar

0Komentar

Silahkan berkomentar yang baik di sini :) (no junk)

Posting Komentar (0)

Search Another