Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Search

Kamis, 17 Maret 2011

Telekomunikasi Buat Fresh Graduater

Fiuh baru sampai rumah sejam-an yang lalu setelah hujan besar dan macet melanda kota Jakarta ini nih. Tapi gpp kebetulan sedang pulang malam karena ada kerjaan dan menunggu jalan agak sepi. Sambil pulang dalam perjalanan tadi, tiba" terlintas di pikiran saya suatu ide ingin membuat buku , pedoman atau guide tentang ilmu praktis Telekomunikasi khusus untuk mereka yang baru lulus kuliah (t.elektro / telekomunikasi) atau yang sedang kuliah mendekati tingkat akhir sebagai pedoman mereka nantinya bila ingin berkarir di dunia telekomunikasi.
Karena saya belum pernah nemu sih buku tentang telekomunikasi yang praktis dipakai ilmunya di dunia kerja....(hmm mungkin karena takut melanggar privacy perusahaan atau memang belum ada saja yang ingin membuatnya dalam bentuk buku). Sekalinya menemukan buku" tersebut tapi isinya masih terlalu ke arah teori dan agak sulit dipahami oleh para mahasiswa (apalagi mahasiswa yang kuliah di Universitas umum,maksudnya Universitas yang tidak mengonsentrasikan / fokus ke bidang telekomunikasi). Kebanyakan apa yang diajarkan oleh dosen" di Universitas tersebut adalah ilmu teori ,mungkin ada dasarnya sebagian yang dipakai di dunia kerja namun itu hanyalah sedikitttttt sekali. Seorang dosen yang memang bukan praktisi pasti beda cara membawakannya dibandingkan bila yang mengajarkan adalah seorang praktisi. Di sisi lain pasti para Mahasiswa tersebut menginginkan ilmu praktis yang bisa membuat mereka paham , menjadi bekal ketika masuk dalam dunia kerja ataupun hingga proses negosiasi dengan user.
Kita tentu tidak mau bukan dicap tidak bisa apa-apa oleh para perekrut itu khususnya para konsultan telekomunikasi yang seharusnya membayar lebih untuk anda, sehingga mereka mempunyai alasan membayar anda serendah mungkin karena memang kenyataannya anda tidak mengetahui apa-apa. Pernah dulu saya tahu ada teman baik alumni atau dari universitas lain yang tidak bisa menjawab lebih ketika ditanya (di-interview) oleh perusahaan kontraktor telekomunikasi. Pertanyaannya padahal tidak aneh" koq hanya seputar dasar GSM, gimana gambaran jaringannya, berapa frekuensi yang digunakan, apa aja kanal"nya, interfacenya hingga proses pemanggilan dari satu hape ke hape lain (eh itu sih udah ribet ya? hehe :p ). Ya tapi begitulah kenyataannya, dari situ kalo seandainya saya seorang pewawancara pun saya sudah tahu harus membayar anda berapa....yaa bila anda seorang fresh graduate gelar S1 dengan kriteria sbb :
1. yang masih tahu sedikit ttg pertanyaan itu tadi ..hmm paling" saya tawarkan 1-2jt/bln . (hihi hanya prediksi iseng saya aja yah tapi base on experience sih gt)
2. yang sudah tahu lebih banyak dikit.. hmm paling" saya tawarkan 2-3jt/bln
3. yang sama sekali ga bisa jawab tentang itu?  yaaa itu sih sudah jelas disuru belajar lagi dulu dan ga akan dipanggil" lagi :D hehe
4. nah bagaimana dengan yang pintar menjawab semua itu?  ini dia yang dicari para kontraktor. Mereka kemungkinan besar akan sangat tertarik kepada anda dan mulai menawarkan harga lebih tinggi daripada yang disebut sebelumnya. Berapa besar nominalnya itu tergantung dari hasil negosiasi anda.

Dari fresh graduate hingga menjadi expert bila anda benar" fokus menjalani dunia telko ini dalam 3 - 5 tahun mendatang. Otomatis bila sudah expert seperti orang" di luar sana,,anda bisa go overseas dengan bayaran fantastis ataupun tetap berada di dalam negeri tercinta ini juga dengan bayaran yang tinggi (meski tidak setinggi di luar negeri namun itu sudah sangat sangat memuaskan) wew sambil berimajinasi saya pun kepingin dapat seperti para expert itu. Di dalam negeri saja (termasuk Jakarta) , para expert itu berpenghasilan 15-30 jt bahkan pernah dapat kabar ada yang lebih dari itu..ckck hebat. So intinya semua tergantung kemauan kita untuk terus belajar dan mengembangkan skill kita di satu bidang yang ingin kita fokuskan (kebetulan kalau saya sendiri ingin memfokuskan di bidang RF/RNP engineer).

Bagian" ilmu yang bisa anda pilih untuk anda fokuskan di bidang telko ini adalah sbb (sebagian yg saya tahu) :
- OSS Engineer (Operation  Support System) tugasnya kurang lebih mengolah data" mentah / statistik dll dari jaringan telekomunikasi, utk kemudian datanya dipakai oleh para engineer" seperti optim.
- RNO Engineer (Radio Network Optimization) atau sebutan lain dari optim. Tugasnya kurang lebih memonitor jaringan setiap harinya dan memberikan suatu nilai parameter baru bila KPI jaringan mulai menurun.
- RNP Engineer (Radio Network Planning) tugasnya kurang lebih merencanakan suatu site baru, menyediakan coverage plot, merubah" frekuensi untuk support RNO engineer, memanage database seluruh site, dll.
- TNP Engineer (Transmission Network Planning) tugasnya kurang lebih merencanakan transmisi jaringan seperti kebutuhan E1, config jaringan (STAR, RING, Multidrop,dll)
- CADDIE Engineer (Computer Aided Database Design Engineer), khusus utk perangkat Siemens, tugasnya kurang lebih menyediakan script,memodifikasi script untuk di-eksekusi oleh OSS. Script dibuat berdasarkan permintaan parameter dari tim Optim , RNP ataupun RNO. Namun di dalam script juga banyak terdapat parameter yg hanya diketahui oleh si Caddie itu sendiri.
- BSC Engineer (Base Station Controller), saya kurang paham detil tugasnya.
- Core Engineer, juga kurang paham yang jelas ia berkaitan dengan elemen-elemen yang ada di MSC sebagai inti atau core jaringan telko / seluler.
- PLO Engineer (Pre Launch Optimization) tugasnya hampir mirip dengan RNO / optim, namun ada perbedaan waktu saat optimasi pada sitenya.

Dan lain-lain mungkin masih ada lagi di luar sana, jadi manakah bidang yang anda pilih ?
kembali lagi ke ide saya tersebut..hmm awalnya pingin juga sih jd trainer gitu (haha) tapi masih ingin memperdalam dulu ilmunya. Mungkinkah ada yang berminat  buku/dokumen tersebut? yang isinya ttg ilmu" praktis untuk para fresh graduater seperti :
Dasar" GSM,CDMA,WCDMA,Microsoft Excel yg sering dipakai dalam dunia kerja,dan bidang RNP sesuai dengan yang dijalankan.


jangan lupa tinggalkan jejak anda.
Thanks and good luck for all

150 komentar:

pandi mengatakan...

Boleh juga, meski saya hanya lulusan STM Elektronika tapi yang namanya buku yang praktis dan aplikatif itu sangat dibutuhkan. Apalagi masalahnya teori yang diajarkan di kuliahan kadang tidak sejalan perkembangan teknologi yang ada.

Panji mengatakan...

@Pandi : iya sih pingin tapi belum kesampaian,hmm coba ah membuatnya kecil" dulu.

ARYA AGUNG mengatakan...

THANK MAS BRO,,,SAYA MAU DONG DIKASIHIN TIP-TIPNYA,,SUWUN
ARYABERKARYA@YAHOO.CO.ID

Anonim mengatakan...

mas punya tutor ato kalo bisa dituangkan dalam blog nya mas...cara analysa layer 3 message buat analysis H.O Fail atau BlockCall, DroopCall dan even fail lainya..:D

Maklum mas selama ini uda hampir 2 taun,taunya hanya murni ambil log file doang..mohon bimbingan ya mas..:D

Freedy mengatakan...

Kabarin mas klo bukunya sdh jadi ya ke email saya. Thx

Panji RW mengatakan...

hai, thanks all...wah baru sekedar coretan tangan aja sih sebenernya,masih jauh dari buku :P
Hmm mengenai analisa layer 3 messages dulu sptnya punya tp ntar dicari dulu.
Keep reading..

roundtire mengatakan...

Mas Panji.

saya seorang IT yg ditawari untuk jadi Planner. Dan bener2 buta tentang bidang telko. langkah awal untuk belajar itu apa aja ya? dan ada rujukan handbook or sejenisnya??
FYI saya juga bukan dari tehnik, latar belakang pendidikan saya matematika murni :)

best regards

Panji RW mengatakan...

@roundtire: hmm IT malah lebih mudah masuk ke dunia telekomunikasi seperti Support System, Core Planning, dan lain" yang memang diperlukan pengetahuan tentang IP,networking,programming,etc.
kalo rujukan handbook mungkin ada bbrp dalam bahasa inggris yg tersedia di internet. Nah itu dia yg sedang ingin saya buat dlm bahasa indonesia dan mudah dicerna, *dreaming....

roundtire mengatakan...

Mas Panji,

Kamarin saya ditawarkan untuk menjadi TNP-database u/ sebuah project di Sumatera.

Kalau sekedar masuk2in data BOq ke Pathloss dan generate pathloss saya sudah bisa overall kaya masukin data ke excel.

Tapi, saya gak ngerti ini gunanya apa. dan itu gunanya apa? sudah coba2 cari e-books tapi tetep tidak dapat.

Nah, saya baca di posting mas.. mas punya dokumen2/ebooks terkait. apakah saya boleh minta copynya? kalau berkenan email saya gudangmilo@gmail.com

many thanks
Milo

Panji RW mengatakan...

Hmm ...pathloss juga saya pakai dahulu namun cuma sebentar untuk define tinggi antena. Kalo ga salah di software tsb ada dokumen help yang mungkin kamu bisa baca" untuk lebih dalamnya.

Sebutkan saja di sini data" yang kamu maksud itu apa saja...mungkin saya atau ada teman" yang lain bisa menjelaskan maksud kegunaannya.

Salam,

roundtire mengatakan...

Mas Panji,

kenapa RX_signal itu harus -30 s.d -40? kalau dalam mencoba membuat link baru saya bisa planning sampai dengan kondisi tersebut.

tapi disaat saya proses upgrade dengan speq yg ditentukan di B.O.Q RX_signal bisa sampe -45..

hihihi makasi Mas

Panji RW mengatakan...

RX lev yah maksdnya..spesifikasi tiap operator/vendor berbeda-beda, yang jelas Rx Lev harus dibuat sebaik mungkin seperti di atas -70 db , di atas -40 db, dan sebagainya (note: di atas - 70 db yaitu -69,-68 dst)

Jadi sudah jelas kan saat kamu upgrade dgn BOQ yang sudah ditentukan kenapa bisa sampai -45? hehe ;)

Anonim mengatakan...

Mas boleh minta kopian bukunya g?saya lulusan s1 teknik telekomunikasi dan sudah 7 bulan blm dapat kerja karena saya pilih2 kerjaan dan ingin krja di dunia telekomunikasi,,dan rata2 lowongan mencari yg experience,,mohon d balas y d indros_tukulers@yahoo.co.id
makasih.

Panji RW mengatakan...

@roundtire: RX signal atau RXlev itu memang harus diusahakan sebagus"nya untuk kekuatan daya signal , nilainya bermacam" dari -70 db, -60db, -50db dst. Masing" spesifikasi tiap vendor/orang berbeda-beda. Namun umumnya bila kita melakukan drive test ,Rxlev yang bagus bernilai lebih atau sama dengan dari -70db (red: -69,-68-67,dst)
Mengenai spec ugrade dengan BOQ yang sudah ditetapkan mengapa jadi -45db? mungkin krn memang spek alat itu,kan beda" tiap alat, beda Eb/No

@indrostukulers: wuah belum ada bukunya mas, br skedar catatan :D
kalo fresh graduate sebaiknya jgn terlalu memilih kerjaan,namun ttp punya target bila ingin di dunia telekomunikasi. Jangan hiraukan experienced,terkadang mereka jg butuh yang fresh koq contohnya di subcon",training ZTE,outsource operator

Anonim mengatakan...

Boleh jg catatanya,sekedar nambah ilmu..he.he..

Panji RW mengatakan...

catatannya ya di sini..makanya rajin"lah buka label dan baca di blog ini hehehe...

Daeng mengatakan...

Om..
saya cuman Lulusan SMU sederajat om
tp sdh 3 thn jadi kulih telekomunikasi ya kerjaan sy jg cuman survey aja om dan gak naik-naik Level :D mungkin ke bentur sm ijazah ya?...
saya cuman mau minta tolong di buatin donk artikel Tentang Spectrum Analyzer, sy pernah kerjakan sekali kali cuman masi blm banyak yang tidak ngerti
- Antten 0 dB
- Ref 0 dBm
- Peak Log 10 dB
pada layar spectrum

Prasetyo Bimo mengatakan...

Salam kenal mas.
saya msh mhs telekomunikasi.
sangat taeratik dengan artikel anda.
dan sangat berharap bukunya bener2 diterbitkan. hehehe..

sekarang sedang kerja dimana mas?

Panji RW mengatakan...

@Prasetyo : Terima sebelumnya sudah mampir :)
salam kenal juga mas.
aamienn, lagi digarap nih..paling" nerbitin sendiri dulu hihihi.
Kerja di salah satu subcon telekomunikasi :D ,project vendornya EID

Dikal mengatakan...

Bermanfaat sekali mas bagi saya yang statusnya mahasiswa tingkat akhir t.telco, saya sangat berminat sekali mas untuk mejadi seorang optim atau planer, mungkin dilain kesempatan Mas Panji bisa menjelaskan jenjang/ tahapan untuk menjadi seorang optim yg handal, apa saya mesti memulai jenjang karir saya dari subcon dulu untuk memperdalam ilmu di lapangannya? sekali lagi terimakasih banyak mas :)

Panji RW mengatakan...

@Dikal : syukurlah bila bermanfaat, yup benar sekali mas kalau mau perdalam ilmu di lapangan lebih baik terjun ke subcon / konsultan karena ilmu di sana banyak sekali terlebih untuk mahasiswa yg baru lulus.

bima mengatakan...

wah sangat membantu sekali mas. saya yang masuk jurusan telkom masih semester satu bener2 buta. mohon bantuan + bimbingannya ya mas :)

dhitac mengatakan...

halo mas, salam kenal..
saya juga baru lulus banget, n masuk ke subcon, RNP assistant..Project Huawei.

mas, saya kmaren masalah RNP nya malah dsuruh nyari tau sendiri. yang bner2 dsuruh belajar malah tentang excel dan mapinfo.
kalo boleh tau, excel dan mapinfonya banyak bagian mana ya?

oia, artikelnya baguss mas!!! bermanfaat :"D

dhitac mengatakan...

iya mas... bagus bgt ini artikelnya!
hehhe..
mas, saya juga bner2 baru lulus, dan masuk ke subcon. ditawarin RNP assistant...
katanya dsuruh belajar bnyak tentang excel..
kalo boleh tau, excel bagian mana ya mas?
makasiih...

Panji RW mengatakan...

@dhitac : wah sebelumnya selamat sudah masuk huawei :) pasti dapet banyak pengalaman di sana dan siap kerja keras hehehe. yup mmg harus ngerti excel dan mapinfo buat database dan pemetaan..bahkan temen" menjuluki untuk seorang engineer yg kerjanya pake excel mulu sebagai excel engineer hahaha.
kalau excel sih seperti belajar fungsi"nya

Bang_noise mengatakan...

Ribut : saya sangat setuju.. isi blog ini baguus saya kebetulan fresh grad, jd membutuhkannya.. apakah bukunya udah launch kang?? saya pesan 1..

Panji RW mengatakan...

@bang_noise:thanks kunjungannya :)
belum jd bukunya yang sudah ada silakan lihat di "Akhirnya buku baru telko terbit" ,di sana jg terdapat teori-teori dasar telekomunikasi.

bayusudarsono mengatakan...

aslm.,. terima kasih atas pencerahan dari bapak2 dan mas2 semua., salam kenal nama saya bayu, saya lulusan s1 elektro, belum ada pengalaman di bidang telekomunikasi, tapi saya pernah bekerja di os nya indosat sebagai teknisi local network, yg mau saya tanyakan adalah ada nggak ya kursus keahlian untuk engineer telekomunikasi? terima kasih tolong ya mas2 dan bapak di bantu., kalau ada link nya tolong di share ya mas terima kasih bayusudarsono11@gmail.com

Panji RW mengatakan...

Hai bayu..salam kenal juga,
mengenai kursus keahlian engineer telekomunikasi biasanya didapat di kantor" tempat sdr berkerja atau yg berbayar di lembaga pelatihan telekomunikasi seperti yg diberikan oleh PT.Floatway , Arjey Codeco, PT.Nubbee system (sory kalau salah tulisannya, silakan googling). Moga membantu

bayusudarsono mengatakan...

terimakasih mas atas infonya.soalnya saya dibidang manufacturing mas jurusan teknik elektro, mau belajar telekomunikasi :D ,. yang info bukunya gimana mas? cara beli,transfer n contact personnya
kirim ke bayusudarsono11@gmail.com ya mas
terima kasih

Panji RW mengatakan...

@bayusudarsono : ok semoga membantu ya :) sudah dikirim emailnya
thanks for visiting my blog

TELEKOMUNIKASI mengatakan...

mau donk Bukunya ato trik2nya,, :)
jumiatinursam@gmail.com

ODE DEPP mengatakan...

Saya sudah kurang lebih 1 tahun bergelut di dunia telekomunikasi sebagai Drive Test Engineer dan sekarang mendapat tawaran sebagai PLO junior, tapi saya masih ragu untuk menerimanya karena merasa pengetahuan saya blm cukup. andai saja ada buku pedoman yg bisa sedikit memberi pencerahan.....

Panji RW mengatakan...

@jumiatinursam : cek email ya
@ Ode Depp : 1 tahun di DT dan sekarang mau jadi PLO junior menurut saya sih ga masalah ya, kan nanti juga didampingi dengan senior,karena melamarnya kan PLO junior bukan ;)

Anonim mengatakan...

Wah, Salam kenal Bro ,bagus banget bro Panji tulisannya buat yang masih awam maupun yang sudah experienced khususnya trik2 optim-nya. sangat bermanfaatbuat saya yg basic dari rnp.
Mau dong bro buku n trik2nya. thanks in advance

shodikin@gmail.com

Untitled mengatakan...

Mas aq mau tanya lebih mendalam tentang pekerjaan RNP apa aja , dan kalau qta mau jdi seorang RNP kita harus memiliki basic apa aja?, aq pengaalaman OSS . Terimakasih :)

Panji RW mengatakan...

buat yg di atas (untitled) : menurut saya dr OSS ke RNP bisa-bisa saja, paling dia harus menambahkan pengetahuan ttg parameter di RNP atau belajar ttg perangkat seperti antena, feeder, konsep seluler yang sudah pasti basic di RNP.

Lencana Sherlyta mengatakan...

mas panji, saya mau jg dong..
Lsherlyta@gmail.com
makasi mas, bermanfaat bgt. keep posting ya.. :)

Panji RW mengatakan...

@Lencana :sudah saya kirim yah,silakan cek. Trims lho sudah berkunjung :)

Kunay mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kunay mengatakan...

Mas Panji, saya minat sama bukunya, bisa kirim infonya ke unas66@gmail.com

Thank mas, artikelnya bagus dan manfaat banget buat saya (noob) :D

WhO found my HEART mengatakan...

Assalamu'alaikum
Salam kenal
Saya Rizkin

Mau tanya mas, klo jd DT engin harus
bisa menggendarai mobil yah??


Panji RW mengatakan...

waalaikumsalam,
tidak harus mas Rizki kan sudah ada drivernya

Harris mengatakan...

Selamat sore Mas,

Saya tertarik dengan dunia optimasi dan planning, boleh minta tolong dikirimkan juga ke email saya :
harris.silaban@gmail.com

trima kasih banyak mas sebelumnya mas,

Salam

krisna mengatakan...

Terima kasih untuk infonya mas, saya bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang berkarir di dunia telekomunikasi. Kebetulan saya adalah mahasiswa di tingkat akhir.

Apakah boleh saya minta dikirimkan bukunya atau trik2nya? Ke email saya di : krisna.aa.92@gmail.com

Terima kasih sebelumnya mas.
Keep Posting :D

Mayga Haritsa mengatakan...

Assalamualaikum Mas Panji,
Perkenalkan saya Mayga,,,

Saya baru 2 bulan ini jadi OSS engineer, dan msh ingin belajar banyak.
Apakah boleh saya minta dikirimkan bukunya atau trik2nya? Ke email saya : mayga.haritsa@gmail.com

Terima kasih banyak sebelumnya mas,,,
:D

Panji RW mengatakan...

Waalaikumsalam,
Ok
silahkan cek emailnya

Prasistyo mengatakan...

@Mayga Haritsa
Wah senengnya udah jadi OSS engineer,congrat ya.

Mas panji punya ebook tentang OSS?
mau juga dong,,
boleh di share mas?
pras_is_tyo@yahoo.com

Makasih mas panji GBU :)

Panji RW mengatakan...

@Prasistyo: bukan buku tentang OSS tapi 2G 3G RF aja :)
trims

feiby findramitha mengatakan...

Mas panji salam kenal :)
saya mhs telco tingkat akhir yg lagi magang sambil nyusun TA. kebetulan magang di optim huawei, kerasan mas disini, kalo bisa sih pengen kerja di optim juga,
mas kalo boleh minta bukunya dong, dan trik dan tips biar bisa langsung kerja di optim kalo lulus nanti, sekalian doain tahun ini lulus ya mas heheheh :D
makasih mas :D
feibyfindramitha@gmail.com

Panji RW mengatakan...

@feiby : kerasan atau lembutan? hehe , aamiienn kalau sudah lulus dapat langsung kerja. Bagus di optim :)
ok nanti dikirim email

pradipta wiratama mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
pradipta wiratama mengatakan...

mas panji yg keren kece badai bisa dikirimin juga daku bukunya hehe

Panji RW mengatakan...

@pradipta: boleh", KP yang bener yak ditunggu kalo udah jadi :D

Romy Manalu mengatakan...

Mas Panji,,,saya jg minta tolong di kirim bukunya yahh
romymanalu@yahoo.com
makasih yahh

Romy Manalu mengatakan...

saya juga minta tolong dikirimkan bukunya yahh ke romymanalu@yahoo.com

makasih mas panji

Nicko Fajira mengatakan...

Mas panji,saya baru aja diterima sbagai oss engineer nih, gmna yah karir oss engineer kedepannya?? apalagi banyak yang bilang engineer telco di jaman skarang ini sudah semakin 'murah',
kirimin saya bahan tentang oss engineer juga dong mas ke n.fajira@gmail.com'
Trims

Panji RW mengatakan...

@Nicko: OSS engineer bagus dong menurut saya dan yg penting kalau jadi OSS bekerjalah dgn baik artinya berikan data rutin tanpa harus diminta tiap minggunya lalu jangan asal kasih data aja,karena seringkali oss yg gak baik itu memberikan data yg salah atau tidak rapih sehingga merepotkan semua engineer yg memerlukannya. Jadi jangan anggap remeh kerjaan OSS.
Kalau soal murah, itu kesalahan engineernya sendiri siapa suruh mau nerima dibayar murah? merusak harga pasaran temen" kan kasiaannn.
Tapi kalau untuk junior atau fresh sih ya jangan menuntut yg terlalu tinggi juga :)

Nicko Fajira mengatakan...

Trima kasih sarannya mas, BTW, saya tlong dikirimin juga bahan2 tentang OSS dan tips dan trik nya juga dong mas, ke n.fajira@gmail.com makasih sblomnya mas

Panji RW mengatakan...

Karena saya gak pernah jadi OSS jadi gak punya bahan OSS :)
buku RF 2G planning and optimization yg ada.

emha fakhri Akhy mengatakan...

artikelnya sangant membantu mas,
salam kenal mas Panji, saya mhsw T.telkom, pengin tau lebih dalam u/ RNP...

boleh share bukunya ke gugelplesakhy@gmail.com

Terima kasih

Panji RW mengatakan...

@emha : terima kasih, nanti saya email ya

Anonim mengatakan...

Salam kenal mas Panji,sy freshgraduates,dan ingin berkarir di dunia telco,boleh donk mas share bukunya ke arianaaisa_9h5@yahoo.com,terimaksih sekali ats bantuannya.
Sukses selalu mas ke depannya,Salam.

Panji RW mengatakan...

already sent ya...
Terima kasih

Anonim mengatakan...

waaaah super sekali mas tulisannya, minta tolong dishare ya mas bukunya ke akhmadanna@gmail.com , Sukses Mas Panji! keep posting!

Panji RW mengatakan...

terima kasih akhmadanna
salam sukses juga :)

Just An Ordinary Girl Blog mengatakan...

Dear Mas Panji,

mau juga dong bukunya, untuk ilmu RNP :)

ke hanum.fh@gmail.com ya

Terima Kasih

Just An Ordinary Girl Blog mengatakan...

Dear Mas Panji,

Mau juga dong bukunya, buat ilmu RNP :)
Ke hanum.fh@gmail.com ya

Terima Kasih :D

jo ny mengatakan...

dear Mas Panji,

saya bekerja sebagai engineer transmisi selama 2 tahun.

tapi saya pingin menjadi RNO Engineer, gimana saya dpt menempati posisi ini. dan saya harus memulai dari mana dulu, mas??

thank b4
jony_sitepu@yahoo.com

jo ny mengatakan...

dear Mas Panji,

mas, mau nanya gimana cara untuk memulai karir sebagai RNO Engineer. dan skill apa yang harus kita miliki.
saya sekarang bekerja sebagai transmisi engineer selama 2 tahun.

bagi donk mas tutorial2 telekomunikasinya.

jony_sitepu@yahoo.com

thank you Mas...

Panji RW mengatakan...

@jony : cobalah selalu melihat kesempatan di tempat anda dan ajukan diri kpd atasan atau project manager. Memang tidak selalu yg kita minta bisa dipenuhi karena keterbatasan kuota di bagian tsb. Kalau anda sudah mempelajari material RNO maka bisa mulai utk apply.

Anonim mengatakan...

mas panji salam kenal, saya mau jg dong bukunya..
tolong kirimin ke ahmadbarlian@plasa.com
makasi mas, semoga bermanfaat. keep posting ya.. :)

Tugas Perkuliahan mengatakan...

mas panji, saya sangat ingin belajar tentang dunia pertelekomunikasian, bisa tolong kirimkan buku2 tentang RF Engineer, Drive test ke @teddiaritama@gmail.com ??
mohon bantuannya mas, terima kasih... :))

Anonim mengatakan...

mas panji salam kenal, saya sangat ingin belajar lebih dalam tentang dunia pertelekomunikasian. Saya ingin mengetahui tentang RF Planning dan Drive Test. Tolong kirimkan bukunya dong mas ke teddiaritama@gmail.com..
Mohon bantuannya, terima kasih mas :))

doni sid mengatakan...

Malam mas panji
Saya doni....saya pengen bisa optim n planning nih mas,boleh dong saya di kirimin jg buku2/trik2nya ke email siddoni680@gmail.com

Thanks ya mas...sukses slalu

boston gultom mengatakan...

Dear Mas Panji,

Saya juga butuh buku 2G,3G,RF nya,

sahare jg dunk atau cara mendapatkan buku2 nya bagaimana ya Bos?

BR,
Boston
0821 9088 8966
Email : - boston.gultom@gmail.com
- bostongultom@yahoo.com

Ricky Maulana Siahaan mengatakan...

Dear Mas Panji

Saya sedang belajar optimasi, terutama optimasi single site, mohon bantuannya untuk membagi ilmunya, Mas. Terima kasih
rickymsiahaan@gmail.com

Panji RW mengatakan...

@Ricky : Jujur saja justru ilmu optim itu terbaik didapatkan ketika sudah nyemplung kerja di dalamnya. Sedangkan saya belum dapet kesempatan di bagian itu :) jadi kurang mendetail. Kalau mau mas dapat baca" tentang optimasi single site di banyak media.

Edwin Sampeliling mengatakan...

Selamat Malam mas Panji,

Saya tertarik belajar tentang optimasi, bisa tolong dishare buku2 tentang optimasi ke edwin_sampeliling@yahoo.com?

Terima kasih mas atas bantuannya.

muchtar thed-jan.blogspot.com mengatakan...

Bagus ini

Boleeeh ∂ï sharee Im.muchtar@yahoo.com
Semoga bermanfaat buat smuanya

Anonim mengatakan...

wah..keren banget tulisannya mas.
saya di bagi juga dong buku2nya

prismaspr@yahoo.co.id

Thanks ya mas..

Anonim mengatakan...

wah keren banget tulisannya mas
saya di kirim juga dong buku2nya

prismaspr@yahoo.co.id

thanks ya mas..

junior dt mengatakan...

wah keren banget tulisannya mas
saya di kirim juga dong buku2nya

prismaspr@yahoo.co.id

thanks ya mas..

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum, salam kenal mas Panji yang sangat bermanfaat tulisannya,
saya sekarang sedang belajar telekomunikasi,saya sangat berminat dengan buku yang Anda buat, mohon dikirim juga ya, ini email saya: pangestu_inggit@yahoo.co.id
atau kalau bukunya dijul saya pesan 1 mas...
Wassalam,inggit

Anonim mengatakan...

Assalammualaikum mas panji,
saya sekarang baru akan terjun ke dunia RNP,
saya tertarik sekali dengan buku anda,
apabila berkenan, mohon bantuannya untuk menshare ke email saya
audymiola@gmail.com
semoga tuhan yang di atas membalas segala kebaikan mas panji

Panji RW mengatakan...

Waalaikumsalam, thx audymiola. Saat ini belum ada buku yg dimaksud,yg sudah ada hanya yg beredar ttg 2G 3G planning and optimization,bila ingin bisa diinfokan nanti

Alwin Bahari mengatakan...

Mas Panji,

Mohon saya juga dishare untuk materi2 nya.. thanks before.

send ke : baharialwin@yahoo.com

Salam.
Alwin Bahari

Alwin Bahari mengatakan...

Mas Panji,

Sungguh sangat membantu sekali info2nya.
Mohon saya juga dishare materi2 telco nya.

Ke : baharialwin@yahoo.com

Terima kasih
Salam
Alwin B

Alwin Bahari mengatakan...

Mas Panji,

Sungguh sangat membantu sekali info2nya.
Mohon saya juga dishare materi2 telco nya.

Ke : baharialwin@yahoo.com

Terima kasih
Salam
Alwin B

Roy Sihotang mengatakan...


halo mas panji nama saya roy.
makasi ya buat artikelnya ngebantu banget saya sehingga saya ada pandangan mengenai fresh graduate dimata perusaahan. mas panji saya boleh minta buku dan materi nya.
saya masih tingkat 2 jurusan s1 teknik telekomunikasi.saya masih bingung banyak hal tentang seluler terutama pengertian dasar, seperti: frekuensi ,alokasi frekuensi,trafik dan banyak hal lainya .Saya ingin sekali mengerti dasar nya sehingga saya bisa memahami dengan menghubungkan materi yang nantinya lebih dalam lagi.Semoga dari materi yang mas panji berikan dapat membantu saya.
ke: roynaldonathaniel@yahoo.com
makasi mas panji

Roy Sihotang mengatakan...

ini yang gmailnya mas panji
halo mas panji nama saya roy.
makasi ya buat artikelnya ngebantu banget saya sehingga saya ada pandangan mengenai fresh graduate dimata perusaahan. mas panji saya boleh minta buku dan materi nya.
saya masih tingkat 2 jurusan s1 teknik telekomunikasi.saya masih bingung banyak hal tentang seluler terutama pengertian dasar, seperti: frekuensi ,alokasi frekuensi,trafik dan banyak hal lainya .Saya ingin sekali mengerti dasar nya sehingga saya bisa memahami dengan menghubungkan materi yang nantinya lebih dalam lagi.Semoga dari materi yang mas panji berikan dapat membantu saya.
ke: roynaldosihotang@gmail.com
makasi mas panji

Panji RW mengatakan...

@Alwin dan Roy:
senang bisa bantu, karena kesibukan blogger maaf bila blm ada materi yg bisa terkirimkan. Silahkan berselancar saja di blog ini dan blog telko lainnya untuk pengenalan dasar telekomunikasi, bila ada yg ingin bertanya silahkan ajukan saja mungkin saya atau lainnya dapat menjawabnya :)

Terima kasih

Panji RW mengatakan...

Dear all,
Info buku baru telko untuk para lulusan baru dan pemula sudah ada di http://telecommunicationforall.blogspot.com/2014/02/buku-telekomunikasi-untuk-fresh.html

Arfa mengatakan...

maaf mas panji. bukunya yang versi Ebook ada gak y? thanks

Arfa mengatakan...

maaf mas panji. bukunya ada yang versi ebook gak y?

Panji RW mengatakan...

@Arfa: untuk buku yang di posting ini tidak ada versi ebooknya mas.

Marsencius Freddy mengatakan...

Dear Mas Panji,

Sudah jadi lom bukunya?mohon infonya dunks.
Saya sudah lama kerja di telco, khusunya bagian BTS/RBS Engineer.sudah jenuh kerja lama tp salary mentok segitu gitu saja, meski sudah jalan kebeberapa vendor.
Sudah lama kepingin cari tantangan baru masuk ke bagian RF/Optim, namun belum ada ilmunya.
Mohon dibantu mas kirimkan saya buku panduan untuk bisa belajar banyak tentang RF atau Optim.
berikut email saya:
wpr_freddy@yahoo.com
freddy.manalu@gmail.com

Panji RW mengatakan...

@mas freddy sama dong dgn saya hehehe..utk bukunya pernah saya posting nih di Info buku baru telko untuk para lulusan baru dan pemula sudah ada di http://telecommunicationforall.blogspot.com/2014/02/buku-telekomunikasi-untuk-fresh.html
Mungkin bisa jd tambahan bekal menghadapi saat wawancara

romi kurniawan mengatakan...

dear mas panji
mohon info mas panji di bidang pembangunan nya bukan ?

Panji RW mengatakan...

@romi kurniawan : pembangunan apa ya mas? bukan,saya di radio planning/design

Anonim mengatakan...

Mas panji, boleh tolong share materi belajar atau buku ke email saya?
Brilliant.prospect@gmail.com

Saya ridwan, fresh graduate telekomunikasi yang berminat kerja di bidang telco.

Terima kasih sebelumnya

Romaria Gultom mengatakan...

Terima kasih untuk infonya mas, saya bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang berkarir di dunia telekomunikasi..

Saya sudah lulus 6 bulan lalu dan blom dapt kerja. Saya sangat mencita-citakan untuk kerja di dunia telekomunikasi karena background saya. Apakah boleh saya minta dikirimkan bukunya atau trik2nya? Ke email saya di : romariagultom@yahoo.com/romariagultom@gmail.com

Terima kasih sebelumnya mas.
Keep Posting :D

Imam mengatakan...

mau dong klo sudah jadi bukunya...
saya sudah kerja di bidang telko tapi kasusnya sama kaya mas freddy.... :)

Panji RW mengatakan...

seperti yang sudah sebelumnya, ada di http://telecommunicationforall.blogspot.com/2014/02/buku-telekomunikasi-untuk-fresh.html
untuk hardcopynya.
Ada buku telko di nulisbuku.com
penulisnya saya sendiri yang untuk pemula dan juga ada mas Lingga yang lebih expertnya.

Rengki Tampubolon mengatakan...

Dear Mas Panji

salam kenal mas Panji..
Nama saya Rengki.
Puji Tuhan saya ada panggilan untuk Optim Junior project HS NPI XL.
saya belum berapa lama kenal dunia telekomunikasi. jujur jurusan saya lari jalur.. tapi saya sudah pernah mengikuti training DT project hcpt. dan saya ambil kesempatan emas ini karena saran dari teman2 yg kerja di dunia telko juga.
Mau tanya mas, kalau untuk yang masih junior RF apa aja yang harus kita kuasai? saya takut nantinya tidak mengerti apa2 dgn posisi optim.
Berharap bisa bagi ilmunya juga mas tentang dunia optim.
email: ecareci@gmail.com

Thanks :)

Panji RW mengatakan...

@Rengki : wah kalau begitu mungkin banyak yang iri dengan anda karena walau salah jurusan tapi bisa masuk ke optim junior heheh. Kalau memang minat sih ya diambil saja, paling juga nanti anda akan ketiban banyak kerjaan dari sana. Biasanya sih langsung terjun atau OJT seperti itu malah lebih cepat mengerti belajarnya jadi jgn takut juga. Dunia saya di planning jadi belum bisa share banyak ttg dunia optim :)

arek mengatakan...

mas panji saya mahasiswa tingkat 2 teknik elektronika, saya mau belajar banyak tentang telekomunikasi, mohon bantuannya mas saya dikirimi tutorialnya di arekkadu@gmail.com
terima kasih

Anonim mengatakan...

newbie need expert advice nih mas,

saya mhs IT peminatan database system baru slesai skripsi. saya ada pengetahuan sedikit tentang dunia telkom karna saya pernah sekolah di smk telkom jur. teknik switching (maenannya MDF, RTO, softswitch, gitu gitu mas)..

menurut mas panji, bidang apa yang cocok untuk saya geluti sesuai dengan jurus terbaru saya (database)?

klo diliat dari info diatas,
sepertinya OSS / RNP / CADDIE ya mas ? menurut mas yang paling dominan dipakai ilmu databasenya dibagian apa ?

saya tertarik ingin terjun ke dunia telkomnikasi mas,

terima kasih sebelumnya..

Life's Journey mengatakan...

Mas panji.. Sy sdh 5 thn DT tp ilmunya masih cetek bget. Niatnya sih pengen belajar PLO. Klu Boleh mohon dishare tutorial bukunya ke email adhypratama.p@gmail.com. Hatur nuhun...

Panji RW mengatakan...

5thn DT pasti sudah banyak yg didapatkan :) eh sekarang tems sudah sampai versi 16 ya,saking ga pernah DT terakhir yg saya tau v.8 habis itu gak pernah pakai lagi (tuh saya lebih ketinggalan). Tutorial PLO/DT saya tdk buat,coba dicari dulu sepertinya banyak yg membuatnya.

Riska mengatakan...

Mas panji punya ebook tentang OSS?
mau juga dong,,
boleh di share mas?

email : riskas1010@gmail.com

Terima Kasih

rifandi dwiastara mengatakan...

Gue freshgraduate gan .. iseng iseng belajar dasar gsm.gue nyoba nglamar di zte indonesia ..gue ketrima gan gaji nego antara 3-4 jt gan .. ane lulusan stm.di jawa tengah .. ane dikasih jabatan wirreless product engineer .. all product zte mulai troubleshooting . Software Repair ane dapet ilmunya

Panji RW mengatakan...

@rifandi : selamat gan :)
semoga semakin maju ke depannya

Jeje Qian mengatakan...

Dear mas panji, dari antara job desk yang di sebutkan untuk Wanita lulusan teknik Telekomunikasi, biasa nya diterima di job desk mana? Saya kerja di dunia Telekomunikasi tetapi hanya di bagian project admin 3 Tahun ini . Saya mau cari pekerjaan baru lagi, pekerjaan yang mana yg biasa di handle oleh wanita. Agar saya tidak salah. Krn tidak semua pekerjaan di dunia Telekomunikasi wanita diterima apalagi jadi engineering, biasanya wanita di dunia Telekomunikasi bekerja sbg apa yang cocok nya dan apa yang harus saya pelajari untuk bisa upgrade lebih lagi. Mohon information nya yaa. lusiester.siagian@gmail.com

Panji RW mengatakan...

Halo mba Jeje Qian,

Banyak teman saya wanita yg bekerja di bidang telekomunikasi baik sebagai PLO, OSS, atau RNP
Menurut saya ketiga bagian itu cocok untuk wanita yg ingin berkarir di bidang telko.
Mengapa? karena ketiganya lebih banyak bekerja di dalam ruangan atau bahkan ada yang bisa dikerjakan by remote misalnya OSS dari rumah seperticada teman saya yang sebagai ibu rumah tangga.
Tentu bila ingin bekerja dari rumah, kita melihat dulu ya kondisi pekerjaannya seperti apa.
Untuk project admin juga kebanyakan wanita di vendor" :) .
Semoga terjawab ya.

BimX mengatakan...

mas panji saya boleh minta buku dan materi nya?
bimstar04@gmail.com

Thanks berat mas ^^

Dimas Narhadi mengatakan...

bang saya fresh grad D3 teknik telekomnikasi
kira2 pekerjaan apa yang cocok buat saya dan pekerjaan itu bisa di sambi buat lanjut kuliah s1 ?
mau tanya materi apa aja yang perlu disiapkan pada saat interview
terima kasih

Panji RW mengatakan...

Halo Dimas,
Pekerjaan yg cocok sebaiknya berhubungan dengan teknik telekomunikasinya bila memungkinkan waktunya untuk sambi kuliah. Karena ada juga kelas khusus karyawan yg masuk sabtu minggu.
Namun bila masuk kelasnya setiap hari maka bisa pilih yang kelas malam (jika ada). Jenis pekerjaannya ya relatif tergantung load dari perusahaan dan apakah anda bisa mengatur waktunya untuk tetap sambi kuliah.

Materi yg bisa disiapkan saat interview mencakup dasar" telekomunikasi, rajinlah mempersiapkannya. Salah satu persiapannya bisa lihat di sini :
http://telecommunicationforall.blogspot.co.id/2014/02/buku-telekomunikasi-untuk-fresh.html

belajarIT mengatakan...

Halo Mas Panji

Bisa di share buku dan materi2nya ahmaddpc@gmail.com, saya lagi butuh banget mas, sya sbagai TNP dan masih butuh baxk ilmu dan pengetahuan.

Dimas Narhadi mengatakan...

naah saya ambil kuliah malem kira2 pekerjaan bagian apa yang bisa saya lamar ? mohon pencerahannya

Panji RW mengatakan...

@belajarIT : maaf mas, TNP saya tidak punya bahan-bahannya dan belum mempelajarinya, coba baca-baca saja di sumber lain seperti http://achmad.glcnetworks.com/2009/03/09/apa-itu-bagian-transmisi-telco/

@dimas : berarti cari yang pulangnya bisa on time atau bisa juga beritahu ke atasan anda dengan menjamin pekerjaan tetap diselesaikan dengan baik.
bagiannya macam" bisa: RNP,OSS,PLO, saya rasa itu semua bergantung pada culture dari perusahaan.

Fyanka Ginanjar mengatakan...

halo mas, saya ingin mencoba DT (sambil idle sebenarnya yang pertama diinginkan adalah Network Engineer), kira kira paling cepat mendapat jenjang karir upgradean dari DT (seperti optim/RNO/RF) berapa lama ya mas ?

Panji RW mengatakan...

@Fyanka : kalau setiap hari melakukan DT atau sering.. dan pahami apa isi di dalamnya, gabungkan dengan teori yg didapat
Gak pakai lama untuk naik bisa 6 bulan- 1 tahun. btw jenjang karir juga bergantung pada kebutuhan perusahaan dan kebudayaannya. Bisa jadi anda tetap ditaruh di DT terus bertahun-tahun karena kinerja anda yg baik, namun gpp itu bisa menjadi modal kuat.

Ichvanul Yulizar mengatakan...

Selamat malam, Mas. Boleh saya minta referensi buku-buku nya? Kebetulan saat ini saya adalah seorang mahasiswa jurusan S1 Teknik Telekomunikasi di salah satu universitas di Kota Bandung.

Panji RW mengatakan...

@Ichvanul : malam mas, referensi buku telekomunikasi sudah pernah diposting sebelumnya di sini, silahkan dibrowse saja ya.
Terima kasih

Boy Hermawan mengatakan...

Assalamualaikum mas panji,artikel mas sangat membantu dan nambah ilmu baru buat saya..btw saya mempunyai basic sebagai monitoring RAN (NOC) selama 1 tahun dan ingin upgrade ke jenjang yg lebih tinggi lagi,tahap berikutnya harus jadi DT dulu apa boleh langsung ke OSS ENGINEER bisa apa tidak?? Terima kasih,mohon pencerahan nya

Panji RW mengatakan...

Waalaikumsalam,langsung ke OSS saja mas sebenarnya sama saja sih dengan NOC cuma beda istilah aja. Paling gak jauh dari script, xml, command", pemograman dll. Kalau DT udah beda bagian dengan OSS.

wawan mengatakan...

Mas saya mau tanya, saya lulusan S1 teknik informatika. Dan saya kerja di DT sudah 5bulan hampir 6bulan. Cita2 saya pengen karir saya naik jadi RNO/OSS saya belajar mandiri dari materi2 teori, tapi susah nyantolnya karena blum begitu paham flow nya. Mungkin kah jurusan IT bisa jadi RNO atau lebih?
Perusahaan saya outsor nexW*** tapi akhir2 ini banuak DT yg di deportasi/relockasi.
Jujur seperti nya karir saya di dunia telko Meski saya anak IT tpi susah nyantol logika programing.

Panji RW mengatakan...

Saya punya teman lulusan teknik informatika yang diandalkan oleh perusahaan dalam pembuatan tools dengan basic yg dia punya di programming. Bisa aja sih dari IT ke telco maupun sebaliknya. Kalau saya bilang sih rugi aja anak informatika tapi ga memanfaatkan bidangnya di programming,justru ke depan itu yg dibutuhkan. Semua bisa" aja,kalaupun pindah bidang ya gak masalah tergantung kemauan belajarnya.

wawan mengatakan...

iya mas panji. saya belajar dari nol di telco mau naik bertahap dari RF ke RNO biar tahu flow nya. soalnya saya menikmati dunia telco meski agak menguras waktu istirahat.
ada saran mas bagaimna kedepanya gitu apa yg dipelajari dulu. trims

wawan mengatakan...

Iya mas. Tapi apakah mungkin klo beda jurusan tpi ingin sukses berkarir di dunia telko. Anyway untuk RF apa saja sih dipelajari / digunakan sehari2. Misal itu ngereportnya apa aka yg digeluti. Trims

Panji RW mengatakan...

silahkan dipelajari bila memang sudah bertekad utk berkarir di dunia telco, report menggunakan MS office seperti biasa excel,word,ppt,access. yang mau dipelajari dulu ya basic mobile communication aja dengan teknologi baik 2G,3G,4G.

wawan mengatakan...

Siap mas semoga berkah di jalur ini

Arif Purnomo Aji mengatakan...

Assalammu'alaikum,

Alhamdulilah ketemu blog yg bagus :)

Saya aji mas,

6 bulan bekerja sbg DT enginer, kemudian 6 bulan reporting dan skrg jadi DT analyst

Tp jujur saja ilmu yg saya punya masih minim, jd dt analyst karena kebetulan aja :D

Saya pingin belajar jadi RNO mas,, mohon bimbingannya

kalau boleh share ilmunya mas ke arif.purnomo.aji@gmail.com

Terima kasih sebelumnya mas...

Panji RW mengatakan...

Halo mas Aji.
Terima kasih sudah mampir, alhamdulillah.
Kebetulannya itu sudah pas mas tinggal ditingkatkan saja lagi ilmu dt analistnya. Biasanya di pekerjaan apa yg dilakukan? Apakah define badspot? Optim physical layer? Optim parameter?

Arif Purnomo Aji mengatakan...

Kebetulan sy cuma define badspot mas..
cm ada beberapa yg saya bisa
low coverage cuma modal map info buat hitung jarak sama google earth buat melihat kontur tanah
overshoot dan pilot polution cuma modal cell id atau sc..
selama ini cuma itu baru yg bisa sy lakukan mas..

yg optime physical sama parameter team optime mas,,

mohon advisenya mas, kira2 apalgi yg harus saya pelajari..
biar bisa jadi dt analyst yg mantep
setalah itu baru melangkah ke RNO :)

Panji RW mengatakan...

Kurang lebih begitu sih,
Low coverage yang penting bisa jelaskan karena apa
Low SINR atau Ec/No juga karena apa
terus solusinya gimana, itu yang kudu dipelajari. Sense perubahan physical juga bisa didapatkan ketika menjadi bagian dari planning.
Parameter juga bisa dipelajari dari dokumen tempat kita bekerja, yg pasti itu vendor specific biasanya. Saya rasa mas sudah bisa ke RNO, tinggal kesempatannya saja sih.

Abdul Mohammad mengatakan...

Assalammu'alaikum Mas Panji,

Saya Syifa, klw saya lihat di komentar ini mas Panji ahli di sisi planning BTS ya.
Luar biasa ya mas. klw boleh bisa tidak saya belajar sama mas Panji sambil Learning By Doing?
sama klw OSS mas Panji bisa kah?saya juga sangat tertarik belajar OSS, mungkin bisa di bantu mas Panji.

Thanks

Abdul Mohammad mengatakan...

Assalammu'alaikum mas Panji,

Saya Syifa, klw di lihat di sisi komentar mas Panji ahli di planning BTS ya!
luar biasa ya, saya tertarik belajar RNP mas Panji sambil Learning By Doing bisa tidak? dari sisi pengalaman saya hanya engineer comissioning/troubleshoot BTS saja.

Saya juga tertarik utk belajar OSS mas Panji bisa minta utk meterinya?

Thanks

Panji RW mengatakan...

Waalaikumsalam, mas Syifa
saya juga masih terus belajar hehe
Silahkan justru dengan learning by doing saya rasa lebih cepat bisa.
kalau OSS saya gak pernah mas, paling kalau dikasih akses masuk cuma ubah" parameter atau tilting sendiri by remote.
Saya hanya NPO saja dan belum pernah jadi OSS.

Trims

angga harwi mengatakan...

dear mas panji. mas boleh minta tutorial untuk belajar RF/Optim? saya tertarik untuk bekerja dibidang itu mas.
ini email nya : anggaharwi@gmail.com

thank mas

Panji RW mengatakan...

hi mas Angga,
Terima kasih sudah mengorder ebooknya. RF optim itu luas sekali jadi diperlukan proses memahaminya dimulai dari planning dan lanjut ke junior optim. Memang bisa juga sih orang langsung ke optim,namun akan lebih dapat sense -nya jika ia pernah mempelajari planning juga. Silahkan kita diskusikan saja bila ada masalah di pekerjaan.

Arif Purnomo Aji mengatakan...

Ada artikel atau ebook gak mas yg direkomendasikan.. atau kalau mas punya bisa kirim donk mas ke arif.purnomo.aji@gamil.com

byw buku yg mas buat dimana bisa sy dapatkan mas..


Makasih bnyak mas..

Panji RW mengatakan...

@mas Arif, artikel sih banyak di internet bisa mas baca-baca.
buku yg pernah sy buat bisa didapat di http://nulisbuku.com/books/view_book/5482/ilmu-praktis-radio-network-planning-untuk-pemula-profesional
atau ebooknya dengan saya langsung.

Terima kasih

jack mengatakan...

dear mas panji: saya sudah 1.5 tahun bekerja sebahai DT Engineer dan ingin sekali belajar tentang optimasi, kalau boleh saya minta tutorialnya buat belajar menjadi RF optim. ini emailnya mas Nataliusb@gmail.com

terima kasih

Panji RW mengatakan...

@jack : maaf saya tidak punya atau membuat tutorial optim, silahkan baca-baca saja dari blog ini pasti akan ada yg berhubungan dengan pekerjaan optim anda.
Terima kasih

Sarif Hidayatul Umah mengatakan...

assalamu'alaikum Mas Panji artikelnya sangat bagus terutama untuk Fresh Graduate. untuk ebooknya saya boleh minta kirim email kah? email saya syarifumah@gmail.com
terima kasih Mas.

Blog Roenal MA mengatakan...

Hallo Mas panji,,mas panji saya baru bergabung di dunia telekomunikasi,di sini saya lagi cari blok yang membhas mengenai drive test..mohon bantuannya mas biar saya bisa memperdalam lagi..

email : Ronal_mardyaswan@yahoo.co.id

Tks Mas Broo

Panji RW mengatakan...

@Syarif: Waalaikumsalam, terima kasih sudah berkunjung, ebook yg tentang apakah? soalnya banyak banget bahasan telekomunikasi dan tidak semua saya punya.

@Roenal: untuk drive test karena saya sudah tidak mengerjakannya lagi maka hanya paham membacanya saja, untuk detil step" melakukannya bisa dikonsul ke teman/blog DT yg lain. Pernah dibahas di sini tentang basic DT silahkan dicari saja,namun itu versi lama (2G).

Wahyu Fadli mengatakan...

mas panji boleh request softcopy ebook ilmu praktis radio network planning nya? email ke wahyufadlis@gmail.com yaa mas. Terima kasih

Search Another

Amazone Stores

Blog search