Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Search

Selasa, 07 Desember 2010

Kapasitas Air Interface 3G

  Malam ini iseng buka-buka lagi buku tentang 3G RNP...fiuh masih banyak hal" yang belum kupelajari :( .
Kali ini ingin menulis, mengulang, sekaligus sharing sama teman-teman tentang kapasitas Air Interface 3G.
Kapasitas yang dimaksud berhubungan dengan berapa banyak kapasitas yang dapat ditampung di air interface (interface udara --> MS with BTS/Node B) hingga bila akhirnya sudah tidak dapat dimuati lagi akan terjadi blocking.



  Pada gambar di atas, Kapasitas air interface dipengaruhi oleh permintaan layanan, kondisi interferensi di udara, dan ketersediaan sumber radio. Bila kapasitas di udara masih ada, lalu cek kapasitas hardwarenya atau channel element (CE) di sistem 3G. Faktor itulah yg kemudian akan menentukan service (layanan) diterima atau ditolak. Itu hanya gambaran umum tentang kapasitas air interface. Layanan apapun itu tetap memerlukan radio resource dari jaringan. Jumlah radio resources yang dibutuhkan bergantung pada jenis layanan.  Ketika radio resource didapat untuk beberapa layanan, artinya adalah kapasitas air interface masih dapat menampungnya. Sebaliknya, air interface akan menolak atau terjadi block ---> soft block.

  Bila dalam kasus kapasitas air interface dapat menampung layanan dengan semestinya, konsekuensinya adalah hardware yang diperlukan untuk layanan seperti Channel Element harus dibuat available sebaik mungkin. Bila terjadi sebaliknya, makan akan di-reject atau blocked ---> hard block

  Oleh sebab itu, sangat penting untuk mempersiapkan kapasitas hardware di Node B termasuk jumlah channel element usahakan sesuai dengan estimasi kapasitas air interface. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa kapasitas air interface bergantung pada nilai Eb/No.

(Eb/No)j = (Cj.Tbj) / (Io/W) = (W/Rb.j).(C/Io)j

Total Noise Power (Io) usahakan sekecil mungkin agar signal power terima (Cj) yang diperlukan juga kecil.Semakin besar Io makan semakin besar Cj atau daya yang diperlukan, yang berarti konsumsi daya pancar lebih (uplink dan downlink).

Segitu dulu all, newbie coba baca-baca lagi dulu ye :p hehe

1 komentar:

Panji RW mengatakan...

Eb = required energy per bit of receive signal
No = Noise Power density
Cj = Required receive signal power
Io = Total Noise Power
W = Radio Frequency Bandwidth = 3,84 MHz
Tb and Rb = 1/Tb are bit duration and service bit rate respectively

Search Another

Amazone Stores

Blog search