Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Search

Rabu, 28 Mei 2008

Network Planning

Kali ini bahasan kita adalah tentang Network Planning. Digambarkan seperti sbb...
Proses Network Planning kita bagi menjadi langkah"berikut ini :
1. PRE PLANNING;
- Dimensioning = memberikan konfigurasi awal jaringan sbg hasilnya. Targetnya adl coverage dan quality. Basic input dimensioning yaitu coverage requirement, quality requirement (drop call rate, call blocking), Frequency Spectrum (number of channel including information about possible needed guard bands, subscriber information), Trafik tiap user, busy hour value, services.

2. PLANNING;
Memberikan ide awal ttg lokasi dan juga jarak antar sites. Nominal plan adalah titik awal utk survey dan menggunakan planning tool untuk coverage planning.
- Coverage planning
- Capacity planning
- Site Survey

3. DETAILED PLANNING;
Mencakup frekuensi, adjacency, dan parameter planning. Planning tool mempunyai algoritma utk frek planning dan merupakan fase kritikal di network planning. Jumlah frekuensi yg bs digunakan selalu terbatas dan oleh sebab itu tugas disini adalah menemukan kemungkinan solusi terbaik. Neighbour plan dengan melihat 2 site pertama di lingkungan BTS". Untuk Radio Planning tanggung jawabnya adalah mengalokasikan parameter" spt handover control, power control dan menentukan location area lalu set parameternya.
- Frekuensi Planning
- Neighbour Planning
- Parameter Planning

4. VERIVICATION & ACCEPTANCE
Coverage,capacity, dan quality yg hrs memenuhi KPI yang ditetapkan sebelum network acceptance. Drive testing juga diperlukan utk verifikasi network functionality.

5. OPTIMIZATION
Setelah jaringan sudah beroperasi, planning dan optimization blm berakhir karena network optimization adalah proses yang berkelanjutan. Utk optimisasi, input yang dibutuhkan adalah semua informasi ttg jaringan dan statusnya. Statistik jaringan, alarms, dan trafik itu sendiri dimonitor secara baik. proses optimisasi meliputi baik network level measurements dan field test measurements utk menganalisa masalah dan juga mengindikasikan masalah yg berpotensial terjadi.

4 komentar:

Q roen mengatakan...

Keren.... keren....
mau tanya dunkzzz....
1. Klo bidang PrePlanning itu ngapain aja kerjanya? masih pake perhitungan ndak?
2. Yg dimaksud dengan Frequency spektrum itu ap ko' ada jumlahnya kanal dan subscriber info?
3. Traffic User itu apa sih?
4. Bussy Hour Value? & Services ap?

klo dah dikupas yg Preplanning maka pertanyaan saya akan berlajnut ke Planning, maaf tanya-nya bertahap biar tertib dan cepat ngerti :)

Panji Ryan Widhi mengatakan...

jwbn bwt q roen:
1. pre-planning itu adalah dimensioning, disitu ya kerjanya seperti menentukan konfigurasi awal misalnya diperlukan berapa TRX installed(lihat trafiknya padat atw ngga di daerah tsb),Coveragenya perlu sampai berapa jauh, belum lagi dari quality itu drop call ratenya berapa,call blocking tolerancenya berapa. Jadi ya pasti ada perhitungannya.
2. Itu adalah frekuensinya sendiri dan di dalam pemakaian spektrum frek itu ada beberapa user yg menggunakannya kan tentu juga berhub dgn kanal/channel.Satu kanal itu mksdnya kanal frekuensi dan klo di GSM kn 1 frek yg sama dapat dipakai 8 user scr bersamaan.
3. Trafik user adalah trafik dari kita sebagai pengguna/subscriber. Misalnya berapa banyak n lama kita menelpon, kirim sms,pake GPRS,dsb.
4. Busy hour jelas jam sibuk dimana trafik sangat padat terutama pada jam"kerja pagi-siang-sore. dan Busy hour itu dapat dinyatakan nilai/valuenya.
Smg dpt membantu :)

affan mu'minah mengatakan...

mau tanya kalo kerjaan "Radio Network Optimization & Improvement", itu apa aja ya kerjanya, thx klo bisa email ke affan.inbox@gmail.com karena jarang ol aku, thx banget nih

Panji RW mengatakan...

Radio Network Optimization & Improvement itu kerjaannya ngoptim dan monitor performance site" daily.
Masuk ke kategori no 5 tuh

Search Another

Amazone Stores

Blog search