Hubungan SINR dengan PRB Utilization

Panji Ryan Widhi
8
Dari judul di atas, kira-kira ada hubungannya gak ya.... atau hubungannya baik-baik saja? hehe

Menarik, karena melihat beberapa engineer/teman-teman terjadi perbedaan pendapat. Entah apa alasan mereka dan bagaimana pandangannya mengapa menjawab ya atau menjawab tidak ada hubungan.

Untuk melihat ini, mari kita telaah satu per satu, yakni apa itu SINR dan apa itu PRB.
Seperti yang kita ketahui bersama, SINR (Signal to Interference Noise Ratio) adalah perbandingan antara Signal dengan Interference plus Noise yang ada. atau dengan rumus S = I / (N+R)

S = power signal usable yg diukur
I = interference power rata" - power signal yg diukur atau channel interference signal dari cell lain di sistem tsb.
N = background noise relasi ke measurement bandwidth dan koefisien noise receiver

Sedangkan PRB atau maksudnya RB itu sendiri adalah resource block, dimana semakin tinggi utilisasi PRB artinya load dalam jaringan itu semakin besar pula. Semakin tinggi PRB util artinya pembagian resource block untuk user yg banyak itu dibagi-bagi sehingga 1 user hanya mendapatkan sedikit RB dan mempengaruhi kecepatan/throughputnya..

Btw, SINR sendiri ini gak didefinisikan di 3GPP lho, tapi didefinisikan oleh vendor UE (User Equipment). SINR tidak direport ke network tetapi digunakan UE untuk mereport CQI ke network. SINR tetap direcord saat drive test.
Secara umum SINR digunakan oleh operator-operator dan industri LTE karena lebih baik untuk merepresentasikan hubungan antara RF condition dengan throughput.

RSRQ = Nprb x (RSRP/RSSI) , Nprb = jumlah resource block (RB)
RSSI = Stot + Itot+Ntot


Lalu kemudian akhirnya persamaan menjadi seperti ini :


SINR menjadi sangat sensitif terhadap RSRQ dan Cell Load !!!

Saya jadi teringat seorang teman (saya anggap mentor) yg memang real expert pernah sharing knowledge, ia memperlihatkan bagaimana 1 site tetangga yg baru hidup saja meski berjauhan dan tidak berinterference namun ternyata dapat membuat grafik line SINR menjadi turun. lagi-lagi itu merupakan bukti tentang Load / beban yang dirasakan jaringan.

Masih kurang? oke kita mari kita simulasikan dengan planning tool Atoll...

ini kondisi load DL cellnya masih kecil 6%

Hanya ubah load cellnya nambah 30% saja :
Sehingga menjadi seperti ini (prediksi SINR semakin buruk) :


Metode lain bisa bandingkan dengan drive test di waktu load rendah dengan load tinggi.

Sudah begitu dulu ya, semoga bisa memberikan jawaban yg benar.
Silahkan komen jika ada pendapat lain.

Terima kasih,



Posting Komentar

8Komentar

Silahkan berkomentar yang baik di sini :) (no junk)

  1. Mohon maaf mas, seperti nya tdk ada ya kesimpulannya, pemaparan diatas hanya memberikan gambaran pengaruh load terhadap SINR, tdk dijelaskan parameter apa yg mempengaruhi sehingga load bisa mempengaruhi naiknya SINR, dan sekedar pendapat saya dari alasan apakah PRB Util berpengaruh terhadap SINR dgn jawaban YA, adalah karena sistem modulasi yg digunakan LTE (OFDMA) dgn teori bahwa user load bisa mempengaruhi interferensi terhadap sistem yg menggunakan modulasi ini..cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itulah korelasinya. Itulah yg disebut noise

      Hapus
  2. mas @Alvian : kesimpulannya menjelaskan tentang network load yg berarti PRB util mempengaruhi nilai SINR yang didapat UE. iya betul OFDMA, tapi maksudnya network load bukan user load..semakin banyak user yg statusnya RRC connected to Enode B itulah network load dan itu berdampak pada user lainnya.

    BalasHapus
  3. Menurut saya, penjelasan diatas belum fixed. SINR kompleks terjadi krna high RSSI, PCI Issue, dan terlalu banyak cell serving yg di pegang UE tsb. Solusi nya harus parameter tuning, re tuning PCI, dan physicall tuning. Dan utk PRB masuk ke utilisasi dan capacity tergantung BW alokasi utk site tsb. Meskipun sudah high load, tinggal dioptimalkan, sprti RBG aloc strategy, traffic sharing, reduce numbersymbol, reduce traffic colocated dengab inconsistency check by cell radius.

    BalasHapus
  4. @Anonim: Penjelasan di atas memang hanya membahas tentang hubungan SINR dengan PRB Utilization saja :) sehubungan ada pertanyaan tentang pengaruh gak sih PRB Util tinggi ke SINR?. begitu. Soal hal lain yg mempengaruhi SINR ya banyak.

    BalasHapus
  5. Berapa persen nilai PRB Utilization yg dianggap critical untuk SINR dan CQI ?
    I ?

    BalasHapus
  6. Kalau PRB sudah High Util dan DL User nya Degrade dan Payload Degrade tp Conected Usernya maintain, itu problemnya dmna ya suhu ?
    MOhon Infonya

    BalasHapus
  7. @Jr Optime : PRB high util ,trus DL user itu maksudnya DL throuhput user degrade ya? kalo iya maka wajar. Payload degrade? hmm harusnya payload bisa naik juga karena high traffic/util. Connected user maintain tapi payload degrade,apa ini terjadi di event" tertentu saja? coba cek statistik yg periodnya agak lama

    BalasHapus
Posting Komentar

Search Another