Apakah Gaji 8 Juta Kecil??

Panji Ryan Widhi
0

Halo,

Kita semua tau jawaban dari pertanyaan di subject atas bergantung kepada hal-hal sbb :
-apakah untuk fresh or experienced?
-bidang apa yang dilamar?
-seberapa besar tanggung jawab dan kompetensi utk pekerjaan tsb?
-hasil teknikal interview?
dll kecuali dari lulusan mana anda berasal. 
Faktor-faktor itulah yang akan mempengaruhi besar kecilnya gaji yg diterima.

Well jika dilihat secara umum, gaji 8 juta untuk seorang fresh graduate akan dinilai sangat cukup baik sebagai permulaan. Karena jika ternyata hasil kerja anda bagus dan oke, maka tahun-tahun berikutnya bukan tidak mungkin, gaji anda akan naik signifikan berkali lipat (bisa dari kenaikan pangkat atau karena pindah bendera).  Pantaskan diri saja dahulu, baru berpikir soal gaji dan jangan terlalu hitung hitungan, apalagi buat para fresh graduate.
Jika anda tanyakan pada seorang engineer telko yg sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun, apalagi status kontrak misalnya, maka bagi mereka 8juta itu pasti termasuk gaji yg terlalu kecil dan kebanyakan akan menolak jika ditawari segitu (kecuali jika sangat amat terpaksa). Ini wajar karena rate mereka pada umumnya sekitar 15-25 juta. Zaman dulu apalagi, lebih menggiurkan untuk dunia telko, para profesional bisa mendapat nilai hingga 45juta di dalam negeri..... 
Tapi itu dulu, sebelum negara api menyerang, setelahnya seperti yang kita ketahui bersama saat ini, semua nilai PO project Telko diturunkan habis habisan karena persaingan harga, dan berdampak pada gaji engineer yang akan diterima. Sudah tak seindah masa kejayaan dahulu, mungkin sekarang kebanyakan engineer mengalami penurunan gaji sebesar 15-30% dari 1-5 tahun sebelum tahun ini 2019.
Lalu apakah ada orang yang gajinya naik? ya pasti ada juga yg beruntung dinaikkan karena beberapa sebab. Boleh jadi karena loyalitasnya, tanggung jawabnya, kompetensinya, takwanya, dan faktor lainnya. Seberapa sulit kondisi yang dialami oleh negara atau perusahaan, janganlah berhenti untuk asah "pisau" diri, asah skill, dan tambah pengalaman. Cara mengasah "pisau" dirimu bisa dengan apa saja, misalnya dengan refresh belajar RF di http://bit.ly/belajarRF , baca buku/ebook telko, ikut pelatihan, belajar dengan teman atau mentor, dan lainnya.
Ibaratnya itu Investasi leher ke atas kalau kata orang-orang yang sukses. Sadar bahwa kekayaan itu bukan uang yg kita miliki, melainkan apa?
melainkan sesuatu yg kita punya setelah tidak memiliki uang sama sekali.
Jadi bukan berapa banyak uang yg kita miliki, tapi apa yg tersisa pada diri kita ketika uang hilang.
Semoga Anda punya kekayaan yang sebenarnya itu ya.

Salam Sukses,

Posting Komentar

0Komentar

Silahkan berkomentar yang baik di sini :) (no junk)

Posting Komentar (0)

Search Another