Kenalan Dengan Teknologi 5G

Panji Ryan Widhi
0
APA ITU 5G?

5G adalah teknologi jaringan generasi selanjutnya dari teknologi sebelumnya (4G) untuk mobile internet connectivity dengan kecepatan yang lebih tinggi dan lebih reliable bagi smartphone dibandingkan teknologi sebelumnya yang pernah ada.


Dengan menggabungkan teknologi jaringan mutakhir dan penelitian paling mutakhir ,  5G harus menawarkan koneksi yang lebih cepat daripada koneksi saat ini, dengan kecepatan unduh rata-rata sekitar 1GBps yang diharapkan segera menjadi standar.


Jaringan akan membantu meningkatkan teknologi Internet of Things, menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membawa data dalam jumlah besar, memungkinkan dunia yang lebih cerdas dan terhubung. Dengan perkembangan yang berjalan dengan baik, jaringan 5G diharapkan diluncurkan di seluruh dunia pada tahun 2020, bekerja bersama teknologi 3G dan 4G yang ada untuk menyediakan koneksi cepat yang tetap online di mana pun Anda berada.

Apa arti jaringan 5G bagi saya?

- Kecepatan unduh dan unggah lebih cepat
- Streaming konten online yang lebih lancar
- Panggilan suara dan video berkualitas lebih tinggi
- Koneksi seluler yang lebih andal
- Lebih banyak perangkat IoT yang terhubung
- Perluasan teknologi canggih - termasuk mobil self-driving dan kota pintar

Seberapa cepat 5G?

Masih belum diketahui pasti seberapa cepat 5G akan lebih baik daripada 4G, karena banyak teknologi yang masih dalam pengembangan.
Dikatakan demikian, jaringan harus menyediakan peningkatan yang signifikan terhadap kecepatan unduh dan unggah saat ini - dengan GSMA mengusulkan kecepatan unduh minimum sekitar 1GBps.
Sebagian besar perkiraan mengharapkan kecepatan rata-rata jaringan 5G untuk mencapai 10 Gb / s, dan beberapa bahkan berpikir transfer rate bisa mencapai 800Gb / s.
Ini berarti bahwa pengguna dapat mengunduh film berkualitas HD dalam hitungan detik, dan bahwa mengunduh dan memasang peningkatan perangkat lunak akan diselesaikan jauh lebih cepat daripada hari ini.

Apakah saya bisa mendapatkan jaringan 5G di ponsel saya?

Smartphone yang ada, tablet atau perangkat lain yang dirilis ketika jaringan 4G adalah standar dan  mungkin tidak dapat terhubung ke 5G untuk memulai dengan, atau mungkin dikenakan biaya tambahan untuk melakukannya.
Namun setelah batas waktu 2020 untuk peluncuran awal, kita harus segera melihat perangkat yang datang dengan koneksi 5G sebagai default.
Namun jangan khawatir - meskipun 5G harus mewakili langkah besar dari jaringan 4G dan 3G saat ini, teknologi baru ini tidak akan segera mengganti pendahulunya - setidaknya, untuk permulaan.
Sebagai gantinya, 5G harus terhubung dengan jaringan yang ada untuk memastikan pengguna tidak pernah kehilangan koneksi, dengan jaringan yang lebih lama bertindak sebagai cadangan di area yang tidak tercakup oleh cakupan 5G baru.

Jaringan yang disebut "4.5G" (juga dikenal sebagai LTE-A) diatur untuk mengisi kesenjangan untuk saat ini, menawarkan koneksi yang lebih cepat daripada jaringan 4G saat ini, meskipun hanya negara-negara tertentu seperti Korea Selatan yang dapat memanfaatkannya dengan benar sekarang ini.


Setelah diluncurkan, penerapan 5G mungkin menjadi proses yang lebih lambat. Sama seperti pengambilalihan jaringan 4G secara bertahap dari generasi sebelumnya, infrastruktur jaringan yang ada mungkin perlu ditingkatkan atau bahkan diganti untuk menangani teknologi baru, serta rumah dan bisnis juga perlu menginstal layanan baru.
Belum diketahui bagaimana jaringan 5G akan mengambil alih dari jaringan yang ada, tetapi sekali lagi, seperti peluncuran 4G, Anda mungkin tidak dapat segera terhubung ke jaringan baru tanpa meningkatkan teknologi Anda.

Apa yang akan dibutuhkan jaringan 5G?

GSMA telah menggariskan delapan kriteria untuk jaringan 5G, dengan koneksi yang perlu dipenuhi mayoritas untuk memenuhi syarat sebagai 5G:

1-10Gbps koneksi ke titik akhir di lapangan (yaitu bukan teoritis mac)

1 milidetik delay round-to-end round-to-end (latensi)
Bandwidth 1000x per satuan luas
10-100x jumlah perangkat yang terhubung
(Persepsi) ketersediaan 99,999 persen
(Persepsi) cakupan 100 persen
Pengurangan 90 persen dalam penggunaan energi jaringan
Masa pakai baterai hingga 10 tahun untuk daya rendah, perangkat jenis mesin
Lihat penawaran seluler terbaik untuk April 2018 seperti Apple iPhone 7 Plus, Samsung Galaxy S8, Google Pixel 2, Samsung Galaxy Note 8, dll

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Silahkan berkomentar yang baik di sini :) (no junk)

Posting Komentar (0)

Search Another