Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Diskon Domain

Hosting Unlimited Indonesia

Search

Rabu, 02 Mei 2018

Apa Tindakan Untuk LTE KPI Degradation

Beberapa catatan penting yang bisa saya tulis sebagai panduan awal untuk mengetahui penyebab terjadinya degradasi/penurunan performance KPI ERAB Drop, ERAB Setup Success Rate, Handover Intra eNB, Handover Inter eNB (X2 based), Payload/traffic, Availability, dan RRC.

Ini untuk Nokia yang saya tahu, akan sangat berterima kasih apabila ada teman-teman yang membaca tulisan ini berbagi untuk vendor Huawei dan Ericsson di kolom komentar.

1. Erab Drop : cek RSLTE037 ini drop naik karena apa ? Transport, Radio, atau other. Jika karena transport maka dapat dieskalasikan ke team terkait dengan memberikan bukti statistik TNL (transport network layer) yang naik. Bila karena radio, cek seberapa jauh TAnya, apakah berada di cell edge, bisa juga melihat apabila ada PCI confusion collisiond di surroundingnya.

2. Erab Setup Success Rate : sama seperti nomor 1 di atas, biasanya sih lebih sering terjadi karena transport problem (due to TNL). Cek RSLTE037 atau RSLTE038, timer dll.

3. Handover Intra eNB : penurunan terjadi diakibatkan salah satu sektor dalam site yang sama ini mempunyai 2 neighbour yang menggunakan PCI yang sama / confusion. Detail cek di RSLTE005 atau RSLTE031.

4. Handover Inter eNB (X2 based) : cek RSLTE031 untuk melihat contributor per relasi, HO ke site mana yang attemptnya besar dan KPInya buruk. Jika sudah diketahui site contributor tersebut, lakukan healthy check pada target site itu, karena bisa jadi site target memang bermasalah sehingga semua site yang mencoba handover ke site itu nilai HOSRnya jelek. Jika site lain jaraknya sangat jauh dari source maka ini masalah coverage dan wajar karena serving cell tidak dapat menjangkau UE yang bergerak menjauh.

5. Payload : bila terjadi penurunan di site, lakukan healty check dahulu, cek RTWP balance antar antena TX1 dengan TX2. Juga periksa surroundingnya apakah traffic shifting ke cell lain. Selain itu cek konfigurasi physical antenanya.


6. Availability : yang ini sudah jelas apakah karena site mati atau lihat alarm-alarm yang muncul. Cek di RSLTE000

7. RRC Setup Success Rate : Cek RSLTE004 service access dan RRC atau di RSLTE038. Apakah banyak failed/releasenya diakibatkan oleh PUCCH load (cek settingan max user), RRCCOMPL_Miss fails tinggi atau rendah. Pernah juga ada pengalaman reset sitenya dan nilainya kembali naik normal, hal ini dimungkinkan karena enode Bnya hang. Kemudian pilihan yang dapat dilakukan adalah cek surrounding RSInya apakah ada collision. Masih kurang?
Cek parameter ini T300 (rekomendasi 600ms), raContResoT (rekomendasi 64ms), harqMaxTrDl (rekomendasi 7), MaxCrRaDl (maximum code rate for random access procedure message 4 SRB0 message) kecilkan nilainya.

Sekian sementara yang dapat saya catat.

Tidak ada komentar:

Search Another

Blog search