Akhirnya Buku Baru Telco Terbit

Panji Ryan Widhi
69
Setelah mencari sekian lama buku yang berkaitan dengan dunia telekomunikasi namun mencakup hal teknis , praktikal, dan berbahasa Indonesia akhirnya sudah muncul juga. Thanks to mas Lingga yang telah meluangkan waktunya untuk menuliskan dan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan dunia kerja seorang insinyur RF hingga menjadi sebuah buku.
Padahal sebelumnya juga saya sempat berniat untuk menulis hal serupa namun masih minim pengetahuan dan pengalaman,hehe :p dan  akhirnya ada juga seorang expert yang mewujudkannya :)  Sebab selama ini saya mencari namun semua buku masih membahas yang terlalu teoritis dan lainnya berbahasa Inggris (alasan aja padahal kurang memahami kalau bahasa Inggris, hihihi).
Berikut adalah penampakan cover depan dari buku tersebut :





Yup Judulnya adalah 2G/3G RF Planning and Optimization for Consultant
Lumayan saya sudah baca sebagian dan memang niat untuk memahami isi dari buku tersebut. Bahasanya cukup mudah dimengerti, di sana dibahas dari yang basic sampai penjelasan kasus" dalam dunia optimasi 2G & 3G. Cocok untuk anda yang ingin lebih dalam memahami dan berkecimpung dalam dunia RF planning and optimization. Hmm ataupun sebagai bekal buat yang mau belajar sendiri karena belum dapet kesempatan kerja di dunia RF. Buku yang mempunyai ketebalan sebanyak kurang lebih 530 halaman ini juga membahas pengenalan tentang 4G dan konvergensi IP Telekomunikasi, sayangnya buku ini hitam putih alias tidak berwarna sehingga kurang jelas saat memberikan gambar" tertentu yang memerlukan keterangan warna (mungkin buat menekan cost kali ya). Sisanya cukup asik untuk dibaca...wah jadi bersemangat nih untuk memahami dan menerapkan isi buku ini. Tertarik?

* isi buku mencakup 2G,3G.Wimax,Drive Testing, HSDPA, UMTS, LTE, Planning, Optimization, EDGE, 4G

Posting Komentar

69Komentar

Silahkan berkomentar yang baik di sini :) (no junk)

  1. Dear Mas Panji,
    saya adalah fresh graduate 2011 dari salahsatu politeknik negeri di bandung saya sangat tertarik dengan ilmu RF Engineer/ Radio Network Planning dan dan berencana karir saya kedepannya seperti mas Panji..

    bisa mohon info bagaimana saya bisa mendapatkan buku tersebut saya ingin mempelajarinya, jika ada infonya tolong kirim ke agus.waliyudin@gmail.com

    Regards,

    Agus Waliyudin

    BalasHapus
  2. Ok nanti saya kirimkan emailnya ke mas Agus.

    Thanks

    BalasHapus
  3. Selamat siang mas,,begini saya baru saja diterima kerja di salah satu kontraktor telekomunikasi di posisi DT enginer. Saya tertarik sekali dengan buku ini,mohon juga infonya mendapatkan buku ini,tolong kirim ke indros_tukulers@yahoo.co.id
    Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Silahkan berikan datanya :

    Nama
    HP
    Alamat pengiriman
    Email

    BalasHapus
  5. broo tolong info untuk mendapatkan bukunya arbin.rante@gmail.com

    BalasHapus
  6. Dear Mas Panji,

    Saya lulusan salah satu PTN di bidang telekomunikasi di surabaya tahun 2011, kebetulan saya diterima bekerja di bidang telekomunikasi sebagai DT Engineer di tahun yang sama. Saya melihat buku anda di atas yaitu "2G/3G RF Planning and Optimization for Consultant" dan saya sangat tertarik, terlebih untuk menambah pengetahuan saya dan menjadi bekal kedepannya. Mohon bantuanya untuk mendapatkan buku tersebut. terima kasih

    alamat email saya : meaninglife@yahoo.com

    BalasHapus
  7. Dear Mas panji,

    Saya salah satu engineer di perusahaan telekomunikasi di jakarta<setelah melihat-lihat buku ini saya sangat tertarik untuk membelinya. karena saya ingin lebih memperdalam pengetahuan saya di bidang ini. mohon bantuan bagaimana mendapatkan buku tersebut,Terima kasih.

    BalasHapus
  8. @meaninglife : sudah saya email yaa
    @kulo sugeng : kemana saya bisa menghubungi emailnya? trims

    BalasHapus
  9. Dear Mas Panji,

    Saya seorang freshgrad T.Elektro kons Telekomunikasi. Saya ingin memiliki buku tersebut, sebagai bekal untuk berkecimpung di dunia telco. Mohon informasinya mas, ini email saya starlight5521@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  10. Dear Mas Panji,
    saya juga tertarik bukunya krn saya jg bekerja di dunia telekomunikasi jd saya ingin menambah ilmu salah satunya dari buku ini...minta tolong dikirimkan infonya bgmn bs membeli buku ini ke amellia.aquariesta@gmail.com

    BalasHapus
  11. @ Coretan kecil dan Amellia
    Ok sip silakan cek emailnya yah

    BalasHapus
  12. Saya juga berkecimpung di Telco, dan penasaran dengan dunia RNP.Saya juga tertarik dengan buku nya yang mas rekomendasikan.
    Saya minta tolong untuk dikirimkan alamat untuk memesan bukunya.
    Terima kasih
    email :
    evyta.angelya@yahoo.com

    BalasHapus
  13. Dear Mas Panji,
    saya juga tertarik bukunya krn saya jg bekerja di dunia telekomunikasi jd saya ingin menambah ilmu salah satunya dari buku ini.. ke email ku ind_com@yahoo.com

    BalasHapus
  14. Hai Anonim (ksh nama harusnya :p )

    Udah dikirim,silakan cek

    BalasHapus
  15. Salam mas Panji

    Saya berminat bukunya
    Mohon dikirimkan info cara pembelian, harga, ongkos kirim, no rek untuk transfer, saya ada di jakarta pusat. berikut email saya d3v1lb4t@yahoo.com

    untuk selanjutnya informasi detail saya akan kirimkan via email.

    Terima kasih ya mas panji, saya tunggu khabarnya

    salam
    indra

    BalasHapus
  16. mas panji ...
    bisa mohon info cara dapetin buku "2G/3G RF Planning and Optimization for Consultant" ini ...
    saya mahssiswa dari ITT jurusan telco engineer. saya tertarik untuk memiliki buku ini ..
    tolong infonya dikirim ke email:

    eswoldsimbolon@gmail.com

    thanx

    BalasHapus
  17. @anonim (lagi :D )
    udah dikirim ke emailnya ya,pls check

    BalasHapus
  18. Salam kenal mas Panji....
    Mohon Infonya untuk bisa mendapatkan buku 2G/3G RF Planning and Optimization for Consultant.
    herysanraflesia@yahoo.com

    thanks,

    Herysan Tabot

    BalasHapus
  19. Ahh sombong... ngak pernah kontek lagi... ngak di share bukunyani ma aku...

    BalasHapus
  20. @Hery: sudah saya email yaa,
    @Amirul:wah ini Amirul mana ya? maaf lupa *garukkepala .ini kan dishare informasinya makanya sering mainlah ke sini :D

    BalasHapus
  21. alam mas Panji....
    Mohon infonya untuk bisa mendapatkan buku ini
    Saya tertarik sekali untuk bisa mendapatkan buku 2G/3G RF Planning and Optimization for Consultant ini
    alamat email saya
    arif.budi90@gmail.com

    Terimaksih Banyak

    BalasHapus
  22. yup sudah dibalas semuanya tapi kebanyakan tidak membalas lagi nih :)

    terima kasih,

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum...
    Mas panji,, saya tertarik belajar 2G/3G optim karena skrg kebetulan saya bekerja dibagian itu dan mmg harus mengerti tentang optimasi 3G,, info untuk mendapatkan bukunya ya mas :D

    alamat email : delima.maulina14@gmail.com

    trims

    BalasHapus
  24. selamat siang mas Panji..saya danang dari pens..saya tertarik dengan buku ini, terutama saya sedang dalam proses pengerjaan PA tentang trafik..minta tolong minta info tentang buku ini y mas..

    email : da_life21@yahoo.com

    saya juga kepingin tanya-jawab soal telco..terima kasih..

    BalasHapus
  25. sip-sip udah dikirim infonya yah semua ke email masing" :)
    kabarin saya aja,
    trims

    BalasHapus
  26. Salam kenal mas Panji

    Saya berminat bukunya
    Mohon dikirimkan info cara pembelian, harga, Biaya ongkos kirimnya... saya ada di Bandung .
    berikut email saya: sarahmeysa@gmail.com


    Terima kasih mas panji, saya tunggu khabarnya ya...

    BalasHapus
  27. Om s ke saya juga yow heheheh

    address: jaemmi@yahoo.com

    BalasHapus
  28. @ Sarah, Jaemmi:

    sudah dibalas ya semua..boleh saja.
    silakan dilanjut friends,
    smg berguna

    BalasHapus
  29. Asslamualaikum..
    Mas panji saya Fresh grad 2012 T.Telkomunikasi.. Mas bgaimana saya bisa dapat buku 2G/3G RF Planning and Optimization for Consultant ini mas.. Kl pun udh di edarkan, kira2 dmn sya bs beli.., Menarik ni kyaknya.. :) kl blh infonya mas kirim ke ribut.wylli@gmail.com

    Blognya bagus mas, bermanfaat.. :)
    Sebelumnya terima kasih..

    BalasHapus
  30. Mas Panji minta info unt dapetin Buku nya ini mas.. 2G/3G RF Planning and Optimization for Consultant, kyakny menarik.. Kl sudah di cetak dan di edarkan, dmn sy bs beli..
    minta info keirm ke ribut.wylli@gmail.com mas..

    Sebelumnya banyak Terima kasih mas..

    BalasHapus
  31. hai Pak Ribut (bang_noise)
    sudah diemail yah caranya :)
    thanks

    BalasHapus
  32. Dear Pak Panji,

    Mohon infonya kemana ya jika saya ingin memiliki buku itu, ini email saya : febri23wanda@gmail.com

    saya ingin buku itu untuk menambah pengetahuan saya di dunia telco, saya tamatan Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang 2008. ditunggu balasannya

    BalasHapus
  33. dear pak panji
    mohon infonya,, saya ingin memiliki buku tersebut.
    email-ke zackypratamafx@yahoo.co.id...(SERIUS)

    BalasHapus
  34. Hi Pak Zacky,
    Semoga yang ini benar" serius, karena yg lain bilang ingin namun tidak ada kelanjutannya :)
    cek mail pliz

    BalasHapus
  35. pagi mas,,,saya kartika siswi magister manajemen telekomunikasi di salah satu PTS di Jakarta. Mas, awalnya saya tidak tahu kalo buku ini hanya dijual secara online saja.Mas Panji kira-kira bisa bersedia membantu saya tidak untuk bisa membeli buku ini???
    Buku ini saya jadikan sebagai landasan dari Tesis yang akan saya buat.Please help me mas... :)
    kartika.11f86@gmail.com

    BalasHapus
  36. Pagiii....
    hehe bener kan spt yg sudah saya duga, sebelum"nya pada hanya ingin tapi menghilang :) ya sudahlah mungkin sibuk hihihi

    ok mba Kartika, saya email

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum pak Panji,,
    saya tertarik dengan buku tersebut karena sedang mulai berkecimpung d dunia telco dengan bidang yg sama..
    mohon emailkan bagaimana saya mendapat buku tersebut ke email saya, adimico@gmail.com , terima kasih.

    BalasHapus
  38. Dear Mas Panji,

    boleh ga dikirimin bukunya. saya skrg ingin memperdalam ilmu dibag Telco.

    thanks

    BalasHapus
  39. @Adimico :sudah dikirim ya
    @Raja :ada emailnya?

    BalasHapus
  40. pagi msa panji..
    salam kenal mas,
    Saya berminat sekali sm bukunya
    bisa minta info rincian cara pembelian, harga, ongkos kirim dan no rek untuk transfer,
    email saya : ahad_2589@yahoo.com
    terima kasih mas, ditunggu kabarnya.

    Regards

    Hada

    BalasHapus
  41. asalam mas panji
    saya bayu dari batam,, saya sangat tertarik dengan buku 2G/3G RF Planning and Optimization for Consultant, tlong infonya ya mas bagaimana cara mendapatkannya., n 1 lagi mas saya juga mau nanya untuk pelatihan/kursus jd engineer telekomunikasi ada gak ya mas?? saya minta infonya ya.. terima kasih email saya bayusudarsono11@gmail.com

    BalasHapus
  42. @Hada : ok Hada silakan dicek emailnya yah,moga ga masuk spam :)


    -keep serve readers

    BalasHapus
  43. Wassalammualaikum
    Hi Bayu,

    Sudah kuemail yah :)
    Untuk pelatihan telko biasanya yang mengadakan lembaga" atau kantor" seperti Nubee System, Floatway, Arjey Codeco, dll yang mungkin saya belum ketahui. Coba mas Bayu googling

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum mas panji, saya mufthi dari bogor. saya sangat tertarik dengan buku tersebut. tolong ya mas infonya, bagaimana cara mendapatkannya. ini email saya muftata@gmail.com . terima kasi mas panji

    BalasHapus
  45. Dear Mas Panji RW
    Mas bro, tolong kirimin, gimana caranya ngedapetin tu buku. minat bgt ngebelinya. terimakasih mas

    kirim ya : muhammad.imron.sholikhin@gmail.com

    soon will be better!!!

    BalasHapus
  46. dear mas Panji RW
    Mas, sama kek yang lain :)
    tolong kirimin ya, gimana cara ngedapetin tu buku. ngebet banget ni mas. serius. kirim ya

    muhammad.imron.sholikhin@gmail.com

    plse!

    BalasHapus
  47. @Allezo : done yah..just confirm it.

    thank you

    BalasHapus
  48. sama kyk yg lain, mas..
    cara beli bukunya gmn y?

    nelli.nasution@gmail.com

    BalasHapus
  49. @nelli: ok sip, silakan cek email ya

    BalasHapus
  50. assalamualaikum..
    saya juga berminat, artupmorse@gmail.com

    BalasHapus
  51. Waalaikumsalam,
    Oke mas Djoelham sjahpoetra

    BalasHapus
  52. Askum, mas panji saya ingin belAjar telco otodidak nih dmna sya bisA beli buku yg diatas itu, tolong konfirm ke email saya pricenya ya mas

    Hardynoor.s@gmail.com

    Thank

    BalasHapus
  53. Dear mas panji,
    semoga bukunya masih ada.. :)
    mohon infonya di intanadjah@gmail.com .
    terimakasih

    BalasHapus
  54. Dear mas panji,
    semoga bukunya masih ada.. :)
    mohon infonya di intanadjah@gmail.com .
    terimakasih

    BalasHapus
  55. Dear mas panji,

    Bagaimana caranya saya bisa mendapatkan buku ini....
    tolong di email ke : budypermata11@gmail.com

    trim's....

    BalasHapus
  56. Dear mas Panji

    Apa stock bukunya masi ada...
    kalo ada,bagaimana caranya saya bisa mendapat kannya??
    ditunggu infonya mas
    budypermata11@gmail.com

    trim's....

    BalasHapus
  57. Mas Panji ,Mohon infonya.

    bayu_andika@ymail.com

    BalasHapus
  58. Pagi mas Panji. Saya mahasiswa t.telekomunikasi, masih baru tapi saya mau lebih memperdalam lagi ttg jurusan saya ini, kalo berkenan saya mau minta bukunya juga mas. Terimakasih. nisaaulian@gmail.com

    BalasHapus
  59. Assalamulaikum mas panji, mas kalau mau memperoleh buku ini bagaimana caranya? saya ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang komunikasi terutama radio frekuensi, mohon infonya kirim ke kresnatri@gmail.com
    terima kasih....

    BalasHapus
  60. Assalamulaikum mas panji, mas kalau mau memperoleh buku ini bagaimana caranya? saya ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang komunikasi terutama radio frekuensi, mohon infonya kirim ke kresnatri@gmail.com
    terima kasih....

    BalasHapus
  61. All, mohon maaf sebelumnya buku yang tersedia belum ada yang baru lagi.
    Masih yang lama RF Planning & Optimization :) Untuk sementara karena kesibukan penulis, order distop dulu. Terima kasih atas pengertiannya

    BalasHapus
  62. Dear all,
    silahkan yang ingin info buku telko bahasa Indonesia lainnya di http://telecommunicationforall.blogspot.com/2014/02/buku-telekomunikasi-untuk-fresh.html

    BalasHapus
  63. mas boleh minta link bukunya untuk saya beli

    BalasHapus
  64. mas boleh minta link bukunya? saya tertarik sama bukunya. kirim ke email saya. terimakasih

    BalasHapus
  65. @Aan: gak ada emailnya, saya kasih di sini saja ya.

    1. http://www.nulisbuku.com/books/view/ilmu-praktis-radio-network-planning-untuk-pemula-profesional

    2. http://www.nulisbuku.com/books/view_book/1244/2g-3g-rf-planning-and-optimization-for-consultant

    BalasHapus
  66. mantap.. apa bukunya masih ada gan?
    info di abdul.rahman99039@gmail.com

    BalasHapus
Posting Komentar

Search Another