Telekomunikasi Buat Fresh Graduater

Panji Ryan Widhi
215
Fiuh baru sampai rumah sejam-an yang lalu setelah hujan besar dan macet melanda kota Jakarta ini nih. Tapi gpp kebetulan sedang pulang malam karena ada kerjaan dan menunggu jalan agak sepi. Sambil pulang dalam perjalanan tadi, tiba" terlintas di pikiran saya suatu ide ingin membuat buku , pedoman atau guide tentang ilmu praktis Telekomunikasi khusus untuk mereka yang baru lulus kuliah (t.elektro / telekomunikasi) atau yang sedang kuliah mendekati tingkat akhir sebagai pedoman mereka nantinya bila ingin berkarir di dunia telekomunikasi.



Karena saya belum pernah nemu sih buku tentang telekomunikasi yang praktis dipakai ilmunya di dunia kerja....(hmm mungkin karena takut melanggar privacy perusahaan atau memang belum ada saja yang ingin membuatnya dalam bentuk buku). Sekalinya menemukan buku" tersebut tapi isinya masih terlalu ke arah teori dan agak sulit dipahami oleh para mahasiswa (apalagi mahasiswa yang kuliah di Universitas umum,maksudnya Universitas yang tidak mengonsentrasikan / fokus ke bidang telekomunikasi). Kebanyakan apa yang diajarkan oleh dosen" di Universitas tersebut adalah ilmu teori ,mungkin ada dasarnya sebagian yang dipakai di dunia kerja namun itu hanyalah sedikitttttt sekali. Seorang dosen yang memang bukan praktisi pasti beda cara membawakannya dibandingkan bila yang mengajarkan adalah seorang praktisi. Di sisi lain pasti para Mahasiswa tersebut menginginkan ilmu praktis yang bisa membuat mereka paham , menjadi bekal ketika masuk dalam dunia kerja ataupun hingga proses negosiasi dengan user.

Kita tentu tidak mau bukan dicap tidak bisa apa-apa oleh para perekrut itu khususnya para konsultan telekomunikasi yang seharusnya membayar lebih untuk anda, sehingga mereka mempunyai alasan membayar anda serendah mungkin karena memang kenyataannya anda tidak mengetahui apa-apa. Pernah dulu saya tahu ada teman baik alumni atau dari universitas lain yang tidak bisa menjawab lebih ketika ditanya (di-interview) oleh perusahaan kontraktor telekomunikasi. Pertanyaannya padahal tidak aneh" koq hanya seputar dasar GSM, gimana gambaran jaringannya, berapa frekuensi yang digunakan, apa aja kanal"nya, interfacenya hingga proses pemanggilan dari satu hape ke hape lain (eh itu sih udah ribet ya? hehe :p ). 

Ya tapi begitulah kenyataannya, dari situ kalo seandainya saya seorang pewawancara pun saya sudah tahu harus membayar anda berapa....yaa bila anda seorang fresh graduate gelar S1 dengan kriteria sbb :
1. yang masih tahu sedikit ttg pertanyaan itu tadi ..hmm paling" saya tawarkan 1-2jt/bln . (hihi hanya prediksi iseng saya aja yah tapi base on experience sih gt)
2. yang sudah tahu lebih banyak dikit.. hmm paling" saya tawarkan 2-3jt/bln
3. yang sama sekali ga bisa jawab tentang itu?  yaaa itu sih sudah jelas disuru belajar lagi dulu dan ga akan dipanggil" lagi :D hehe
4. nah bagaimana dengan yang pintar menjawab semua itu?  ini dia yang dicari para kontraktor. Mereka kemungkinan besar akan sangat tertarik kepada anda dan mulai menawarkan harga lebih tinggi daripada yang disebut sebelumnya. Berapa besar nominalnya itu tergantung dari hasil negosiasi anda.

Dari fresh graduate hingga menjadi expert bila anda benar" fokus menjalani dunia telko ini dalam 3 - 5 tahun mendatang. Otomatis bila sudah expert seperti orang" di luar sana,,anda bisa go overseas dengan bayaran fantastis ataupun tetap berada di dalam negeri tercinta ini juga dengan bayaran yang tinggi (meski tidak setinggi di luar negeri namun itu sudah sangat sangat memuaskan) wew sambil berimajinasi saya pun kepingin dapat seperti para expert itu. Di dalam negeri saja (termasuk Jakarta) , para expert itu berpenghasilan 15-30 jt bahkan pernah dapat kabar ada yang lebih dari itu..ckck hebat. So intinya semua tergantung kemauan kita untuk terus belajar dan mengembangkan skill kita di satu bidang yang ingin kita fokuskan (kebetulan kalau saya sendiri ingin memfokuskan di bidang RF/RNP engineer).

Bagian" ilmu yang bisa anda pilih untuk anda fokuskan di bidang telko ini adalah sbb (sebagian yg saya tahu) :
- OSS Engineer (Operation  Support System) tugasnya kurang lebih mengolah data" mentah / statistik dll dari jaringan telekomunikasi, utk kemudian datanya dipakai oleh para engineer" seperti optim.
- RNO Engineer (Radio Network Optimization) atau sebutan lain dari optim. Tugasnya kurang lebih memonitor jaringan setiap harinya dan memberikan suatu nilai parameter baru bila KPI jaringan mulai menurun.
- RNP Engineer (Radio Network Planning) tugasnya kurang lebih merencanakan suatu site baru, menyediakan coverage plot, merubah" frekuensi untuk support RNO engineer, memanage database seluruh site, dll.
- TNP Engineer (Transmission Network Planning) tugasnya kurang lebih merencanakan transmisi jaringan seperti kebutuhan E1, config jaringan (STAR, RING, Multidrop,dll)
- CADDIE Engineer (Computer Aided Database Design Engineer), khusus utk perangkat Siemens, tugasnya kurang lebih menyediakan script,memodifikasi script untuk di-eksekusi oleh OSS. Script dibuat berdasarkan permintaan parameter dari tim Optim , RNP ataupun RNO. Namun di dalam script juga banyak terdapat parameter yg hanya diketahui oleh si Caddie itu sendiri.
- BSC Engineer (Base Station Controller), saya kurang paham detil tugasnya.
- Core Engineer, juga kurang paham yang jelas ia berkaitan dengan elemen-elemen yang ada di MSC sebagai inti atau core jaringan telko / seluler.
- PLO Engineer (Pre Launch Optimization) tugasnya hampir mirip dengan RNO / optim, namun ada perbedaan waktu saat optimasi pada sitenya.

Dan lain-lain mungkin masih ada lagi di luar sana, jadi manakah bidang yang anda pilih ?
kembali lagi ke ide saya tersebut..hmm awalnya pingin juga sih jd trainer gitu (haha) tapi masih ingin memperdalam dulu ilmunya. Mungkinkah ada yang berminat  buku/dokumen tersebut? yang isinya ttg ilmu" praktis untuk para fresh graduater seperti :
Dasar" GSM,CDMA,WCDMA,Microsoft Excel yg sering dipakai dalam dunia kerja,dan bidang RNP sesuai dengan yang dijalankan.


jangan lupa tinggalkan jejak anda.
Thanks and good luck for all


REFERENSI BUKU DAN ECOURSE TELKO BASIC
home


Posting Komentar

215Komentar

Silahkan berkomentar yang baik di sini :) (no junk)

  1. Boleh juga, meski saya hanya lulusan STM Elektronika tapi yang namanya buku yang praktis dan aplikatif itu sangat dibutuhkan. Apalagi masalahnya teori yang diajarkan di kuliahan kadang tidak sejalan perkembangan teknologi yang ada.

    BalasHapus
  2. @Pandi : iya sih pingin tapi belum kesampaian,hmm coba ah membuatnya kecil" dulu.

    BalasHapus
  3. THANK MAS BRO,,,SAYA MAU DONG DIKASIHIN TIP-TIPNYA,,SUWUN
    ARYABERKARYA@YAHOO.CO.ID

    BalasHapus
  4. mas punya tutor ato kalo bisa dituangkan dalam blog nya mas...cara analysa layer 3 message buat analysis H.O Fail atau BlockCall, DroopCall dan even fail lainya..:D

    Maklum mas selama ini uda hampir 2 taun,taunya hanya murni ambil log file doang..mohon bimbingan ya mas..:D

    BalasHapus
  5. Kabarin mas klo bukunya sdh jadi ya ke email saya. Thx

    BalasHapus
  6. hai, thanks all...wah baru sekedar coretan tangan aja sih sebenernya,masih jauh dari buku :P
    Hmm mengenai analisa layer 3 messages dulu sptnya punya tp ntar dicari dulu.
    Keep reading..

    BalasHapus
  7. Mas Panji.

    saya seorang IT yg ditawari untuk jadi Planner. Dan bener2 buta tentang bidang telko. langkah awal untuk belajar itu apa aja ya? dan ada rujukan handbook or sejenisnya??
    FYI saya juga bukan dari tehnik, latar belakang pendidikan saya matematika murni :)

    best regards

    BalasHapus
  8. @roundtire: hmm IT malah lebih mudah masuk ke dunia telekomunikasi seperti Support System, Core Planning, dan lain" yang memang diperlukan pengetahuan tentang IP,networking,programming,etc.
    kalo rujukan handbook mungkin ada bbrp dalam bahasa inggris yg tersedia di internet. Nah itu dia yg sedang ingin saya buat dlm bahasa indonesia dan mudah dicerna, *dreaming....

    BalasHapus
  9. Mas Panji,

    Kamarin saya ditawarkan untuk menjadi TNP-database u/ sebuah project di Sumatera.

    Kalau sekedar masuk2in data BOq ke Pathloss dan generate pathloss saya sudah bisa overall kaya masukin data ke excel.

    Tapi, saya gak ngerti ini gunanya apa. dan itu gunanya apa? sudah coba2 cari e-books tapi tetep tidak dapat.

    Nah, saya baca di posting mas.. mas punya dokumen2/ebooks terkait. apakah saya boleh minta copynya? kalau berkenan email saya gudangmilo@gmail.com

    many thanks
    Milo

    BalasHapus
  10. Hmm ...pathloss juga saya pakai dahulu namun cuma sebentar untuk define tinggi antena. Kalo ga salah di software tsb ada dokumen help yang mungkin kamu bisa baca" untuk lebih dalamnya.

    Sebutkan saja di sini data" yang kamu maksud itu apa saja...mungkin saya atau ada teman" yang lain bisa menjelaskan maksud kegunaannya.

    Salam,

    BalasHapus
  11. Mas Panji,

    kenapa RX_signal itu harus -30 s.d -40? kalau dalam mencoba membuat link baru saya bisa planning sampai dengan kondisi tersebut.

    tapi disaat saya proses upgrade dengan speq yg ditentukan di B.O.Q RX_signal bisa sampe -45..

    hihihi makasi Mas

    BalasHapus
  12. RX lev yah maksdnya..spesifikasi tiap operator/vendor berbeda-beda, yang jelas Rx Lev harus dibuat sebaik mungkin seperti di atas -70 db , di atas -40 db, dan sebagainya (note: di atas - 70 db yaitu -69,-68 dst)

    Jadi sudah jelas kan saat kamu upgrade dgn BOQ yang sudah ditentukan kenapa bisa sampai -45? hehe ;)

    BalasHapus
  13. Mas boleh minta kopian bukunya g?saya lulusan s1 teknik telekomunikasi dan sudah 7 bulan blm dapat kerja karena saya pilih2 kerjaan dan ingin krja di dunia telekomunikasi,,dan rata2 lowongan mencari yg experience,,mohon d balas y d indros_tukulers@yahoo.co.id
    makasih.

    BalasHapus
  14. @roundtire: RX signal atau RXlev itu memang harus diusahakan sebagus"nya untuk kekuatan daya signal , nilainya bermacam" dari -70 db, -60db, -50db dst. Masing" spesifikasi tiap vendor/orang berbeda-beda. Namun umumnya bila kita melakukan drive test ,Rxlev yang bagus bernilai lebih atau sama dengan dari -70db (red: -69,-68-67,dst)
    Mengenai spec ugrade dengan BOQ yang sudah ditetapkan mengapa jadi -45db? mungkin krn memang spek alat itu,kan beda" tiap alat, beda Eb/No

    @indrostukulers: wuah belum ada bukunya mas, br skedar catatan :D
    kalo fresh graduate sebaiknya jgn terlalu memilih kerjaan,namun ttp punya target bila ingin di dunia telekomunikasi. Jangan hiraukan experienced,terkadang mereka jg butuh yang fresh koq contohnya di subcon",training ZTE,outsource operator

    BalasHapus
  15. Boleh jg catatanya,sekedar nambah ilmu..he.he..

    BalasHapus
  16. catatannya ya di sini..makanya rajin"lah buka label dan baca di blog ini hehehe...

    BalasHapus
  17. Om..
    saya cuman Lulusan SMU sederajat om
    tp sdh 3 thn jadi kulih telekomunikasi ya kerjaan sy jg cuman survey aja om dan gak naik-naik Level :D mungkin ke bentur sm ijazah ya?...
    saya cuman mau minta tolong di buatin donk artikel Tentang Spectrum Analyzer, sy pernah kerjakan sekali kali cuman masi blm banyak yang tidak ngerti
    - Antten 0 dB
    - Ref 0 dBm
    - Peak Log 10 dB
    pada layar spectrum

    BalasHapus
  18. Salam kenal mas.
    saya msh mhs telekomunikasi.
    sangat taeratik dengan artikel anda.
    dan sangat berharap bukunya bener2 diterbitkan. hehehe..

    sekarang sedang kerja dimana mas?

    BalasHapus
  19. @Prasetyo : Terima sebelumnya sudah mampir :)
    salam kenal juga mas.
    aamienn, lagi digarap nih..paling" nerbitin sendiri dulu hihihi.
    Kerja di salah satu subcon telekomunikasi :D ,project vendornya EID

    BalasHapus
  20. Bermanfaat sekali mas bagi saya yang statusnya mahasiswa tingkat akhir t.telco, saya sangat berminat sekali mas untuk mejadi seorang optim atau planer, mungkin dilain kesempatan Mas Panji bisa menjelaskan jenjang/ tahapan untuk menjadi seorang optim yg handal, apa saya mesti memulai jenjang karir saya dari subcon dulu untuk memperdalam ilmu di lapangannya? sekali lagi terimakasih banyak mas :)

    BalasHapus
  21. @Dikal : syukurlah bila bermanfaat, yup benar sekali mas kalau mau perdalam ilmu di lapangan lebih baik terjun ke subcon / konsultan karena ilmu di sana banyak sekali terlebih untuk mahasiswa yg baru lulus.

    BalasHapus
  22. wah sangat membantu sekali mas. saya yang masuk jurusan telkom masih semester satu bener2 buta. mohon bantuan + bimbingannya ya mas :)

    BalasHapus
  23. halo mas, salam kenal..
    saya juga baru lulus banget, n masuk ke subcon, RNP assistant..Project Huawei.

    mas, saya kmaren masalah RNP nya malah dsuruh nyari tau sendiri. yang bner2 dsuruh belajar malah tentang excel dan mapinfo.
    kalo boleh tau, excel dan mapinfonya banyak bagian mana ya?

    oia, artikelnya baguss mas!!! bermanfaat :"D

    BalasHapus
  24. iya mas... bagus bgt ini artikelnya!
    hehhe..
    mas, saya juga bner2 baru lulus, dan masuk ke subcon. ditawarin RNP assistant...
    katanya dsuruh belajar bnyak tentang excel..
    kalo boleh tau, excel bagian mana ya mas?
    makasiih...

    BalasHapus
  25. @dhitac : wah sebelumnya selamat sudah masuk huawei :) pasti dapet banyak pengalaman di sana dan siap kerja keras hehehe. yup mmg harus ngerti excel dan mapinfo buat database dan pemetaan..bahkan temen" menjuluki untuk seorang engineer yg kerjanya pake excel mulu sebagai excel engineer hahaha.
    kalau excel sih seperti belajar fungsi"nya

    BalasHapus
  26. Ribut : saya sangat setuju.. isi blog ini baguus saya kebetulan fresh grad, jd membutuhkannya.. apakah bukunya udah launch kang?? saya pesan 1..

    BalasHapus
  27. @bang_noise:thanks kunjungannya :)
    belum jd bukunya yang sudah ada silakan lihat di "Akhirnya buku baru telko terbit" ,di sana jg terdapat teori-teori dasar telekomunikasi.

    BalasHapus
  28. aslm.,. terima kasih atas pencerahan dari bapak2 dan mas2 semua., salam kenal nama saya bayu, saya lulusan s1 elektro, belum ada pengalaman di bidang telekomunikasi, tapi saya pernah bekerja di os nya indosat sebagai teknisi local network, yg mau saya tanyakan adalah ada nggak ya kursus keahlian untuk engineer telekomunikasi? terima kasih tolong ya mas2 dan bapak di bantu., kalau ada link nya tolong di share ya mas terima kasih bayusudarsono11@gmail.com

    BalasHapus
  29. Hai bayu..salam kenal juga,
    mengenai kursus keahlian engineer telekomunikasi biasanya didapat di kantor" tempat sdr berkerja atau yg berbayar di lembaga pelatihan telekomunikasi seperti yg diberikan oleh PT.Floatway , Arjey Codeco, PT.Nubbee system (sory kalau salah tulisannya, silakan googling). Moga membantu

    BalasHapus
  30. terimakasih mas atas infonya.soalnya saya dibidang manufacturing mas jurusan teknik elektro, mau belajar telekomunikasi :D ,. yang info bukunya gimana mas? cara beli,transfer n contact personnya
    kirim ke bayusudarsono11@gmail.com ya mas
    terima kasih

    BalasHapus
  31. @bayusudarsono : ok semoga membantu ya :) sudah dikirim emailnya
    thanks for visiting my blog

    BalasHapus
  32. mau donk Bukunya ato trik2nya,, :)
    jumiatinursam@gmail.com

    BalasHapus
  33. Saya sudah kurang lebih 1 tahun bergelut di dunia telekomunikasi sebagai Drive Test Engineer dan sekarang mendapat tawaran sebagai PLO junior, tapi saya masih ragu untuk menerimanya karena merasa pengetahuan saya blm cukup. andai saja ada buku pedoman yg bisa sedikit memberi pencerahan.....

    BalasHapus
  34. @jumiatinursam : cek email ya
    @ Ode Depp : 1 tahun di DT dan sekarang mau jadi PLO junior menurut saya sih ga masalah ya, kan nanti juga didampingi dengan senior,karena melamarnya kan PLO junior bukan ;)

    BalasHapus
  35. Wah, Salam kenal Bro ,bagus banget bro Panji tulisannya buat yang masih awam maupun yang sudah experienced khususnya trik2 optim-nya. sangat bermanfaatbuat saya yg basic dari rnp.
    Mau dong bro buku n trik2nya. thanks in advance

    shodikin@gmail.com

    BalasHapus
  36. Mas aq mau tanya lebih mendalam tentang pekerjaan RNP apa aja , dan kalau qta mau jdi seorang RNP kita harus memiliki basic apa aja?, aq pengaalaman OSS . Terimakasih :)

    BalasHapus
  37. buat yg di atas (untitled) : menurut saya dr OSS ke RNP bisa-bisa saja, paling dia harus menambahkan pengetahuan ttg parameter di RNP atau belajar ttg perangkat seperti antena, feeder, konsep seluler yang sudah pasti basic di RNP.

    BalasHapus
  38. mas panji, saya mau jg dong..
    Lsherlyta@gmail.com
    makasi mas, bermanfaat bgt. keep posting ya.. :)

    BalasHapus
  39. @Lencana :sudah saya kirim yah,silakan cek. Trims lho sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Mas Panji, saya minat sama bukunya, bisa kirim infonya ke unas66@gmail.com

    Thank mas, artikelnya bagus dan manfaat banget buat saya (noob) :D

    BalasHapus
  42. Assalamu'alaikum
    Salam kenal
    Saya Rizkin

    Mau tanya mas, klo jd DT engin harus
    bisa menggendarai mobil yah??


    BalasHapus
  43. waalaikumsalam,
    tidak harus mas Rizki kan sudah ada drivernya

    BalasHapus
  44. Selamat sore Mas,

    Saya tertarik dengan dunia optimasi dan planning, boleh minta tolong dikirimkan juga ke email saya :
    harris.silaban@gmail.com

    trima kasih banyak mas sebelumnya mas,

    Salam

    BalasHapus
  45. Terima kasih untuk infonya mas, saya bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang berkarir di dunia telekomunikasi. Kebetulan saya adalah mahasiswa di tingkat akhir.

    Apakah boleh saya minta dikirimkan bukunya atau trik2nya? Ke email saya di : krisna.aa.92@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya mas.
    Keep Posting :D

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum Mas Panji,
    Perkenalkan saya Mayga,,,

    Saya baru 2 bulan ini jadi OSS engineer, dan msh ingin belajar banyak.
    Apakah boleh saya minta dikirimkan bukunya atau trik2nya? Ke email saya : mayga.haritsa@gmail.com

    Terima kasih banyak sebelumnya mas,,,
    :D

    BalasHapus
  47. Waalaikumsalam,
    Ok
    silahkan cek emailnya

    BalasHapus
  48. @Mayga Haritsa
    Wah senengnya udah jadi OSS engineer,congrat ya.

    Mas panji punya ebook tentang OSS?
    mau juga dong,,
    boleh di share mas?
    pras_is_tyo@yahoo.com

    Makasih mas panji GBU :)

    BalasHapus
  49. @Prasistyo: bukan buku tentang OSS tapi 2G 3G RF aja :)
    trims

    BalasHapus
  50. Mas panji salam kenal :)
    saya mhs telco tingkat akhir yg lagi magang sambil nyusun TA. kebetulan magang di optim huawei, kerasan mas disini, kalo bisa sih pengen kerja di optim juga,
    mas kalo boleh minta bukunya dong, dan trik dan tips biar bisa langsung kerja di optim kalo lulus nanti, sekalian doain tahun ini lulus ya mas heheheh :D
    makasih mas :D
    feibyfindramitha@gmail.com

    BalasHapus
  51. @feiby : kerasan atau lembutan? hehe , aamiienn kalau sudah lulus dapat langsung kerja. Bagus di optim :)
    ok nanti dikirim email

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. mas panji yg keren kece badai bisa dikirimin juga daku bukunya hehe

    BalasHapus
  54. @pradipta: boleh", KP yang bener yak ditunggu kalo udah jadi :D

    BalasHapus
  55. Mas Panji,,,saya jg minta tolong di kirim bukunya yahh
    romymanalu@yahoo.com
    makasih yahh

    BalasHapus
  56. saya juga minta tolong dikirimkan bukunya yahh ke romymanalu@yahoo.com

    makasih mas panji

    BalasHapus
  57. Mas panji,saya baru aja diterima sbagai oss engineer nih, gmna yah karir oss engineer kedepannya?? apalagi banyak yang bilang engineer telco di jaman skarang ini sudah semakin 'murah',
    kirimin saya bahan tentang oss engineer juga dong mas ke n.fajira@gmail.com'
    Trims

    BalasHapus
  58. @Nicko: OSS engineer bagus dong menurut saya dan yg penting kalau jadi OSS bekerjalah dgn baik artinya berikan data rutin tanpa harus diminta tiap minggunya lalu jangan asal kasih data aja,karena seringkali oss yg gak baik itu memberikan data yg salah atau tidak rapih sehingga merepotkan semua engineer yg memerlukannya. Jadi jangan anggap remeh kerjaan OSS.
    Kalau soal murah, itu kesalahan engineernya sendiri siapa suruh mau nerima dibayar murah? merusak harga pasaran temen" kan kasiaannn.
    Tapi kalau untuk junior atau fresh sih ya jangan menuntut yg terlalu tinggi juga :)

    BalasHapus
  59. Trima kasih sarannya mas, BTW, saya tlong dikirimin juga bahan2 tentang OSS dan tips dan trik nya juga dong mas, ke n.fajira@gmail.com makasih sblomnya mas

    BalasHapus
  60. Karena saya gak pernah jadi OSS jadi gak punya bahan OSS :)
    buku RF 2G planning and optimization yg ada.

    BalasHapus
  61. artikelnya sangant membantu mas,
    salam kenal mas Panji, saya mhsw T.telkom, pengin tau lebih dalam u/ RNP...

    boleh share bukunya ke gugelplesakhy@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  62. @emha : terima kasih, nanti saya email ya

    BalasHapus
  63. Salam kenal mas Panji,sy freshgraduates,dan ingin berkarir di dunia telco,boleh donk mas share bukunya ke arianaaisa_9h5@yahoo.com,terimaksih sekali ats bantuannya.
    Sukses selalu mas ke depannya,Salam.

    BalasHapus
  64. waaaah super sekali mas tulisannya, minta tolong dishare ya mas bukunya ke akhmadanna@gmail.com , Sukses Mas Panji! keep posting!

    BalasHapus
  65. terima kasih akhmadanna
    salam sukses juga :)

    BalasHapus
  66. Dear Mas Panji,

    mau juga dong bukunya, untuk ilmu RNP :)

    ke hanum.fh@gmail.com ya

    Terima Kasih

    BalasHapus
  67. Dear Mas Panji,

    Mau juga dong bukunya, buat ilmu RNP :)
    Ke hanum.fh@gmail.com ya

    Terima Kasih :D

    BalasHapus
  68. dear Mas Panji,

    saya bekerja sebagai engineer transmisi selama 2 tahun.

    tapi saya pingin menjadi RNO Engineer, gimana saya dpt menempati posisi ini. dan saya harus memulai dari mana dulu, mas??

    thank b4
    jony_sitepu@yahoo.com

    BalasHapus
  69. dear Mas Panji,

    mas, mau nanya gimana cara untuk memulai karir sebagai RNO Engineer. dan skill apa yang harus kita miliki.
    saya sekarang bekerja sebagai transmisi engineer selama 2 tahun.

    bagi donk mas tutorial2 telekomunikasinya.

    jony_sitepu@yahoo.com

    thank you Mas...

    BalasHapus
  70. @jony : cobalah selalu melihat kesempatan di tempat anda dan ajukan diri kpd atasan atau project manager. Memang tidak selalu yg kita minta bisa dipenuhi karena keterbatasan kuota di bagian tsb. Kalau anda sudah mempelajari material RNO maka bisa mulai utk apply.

    BalasHapus
  71. mas panji salam kenal, saya mau jg dong bukunya..
    tolong kirimin ke ahmadbarlian@plasa.com
    makasi mas, semoga bermanfaat. keep posting ya.. :)

    BalasHapus
  72. mas panji, saya sangat ingin belajar tentang dunia pertelekomunikasian, bisa tolong kirimkan buku2 tentang RF Engineer, Drive test ke @teddiaritama@gmail.com ??
    mohon bantuannya mas, terima kasih... :))

    BalasHapus
  73. mas panji salam kenal, saya sangat ingin belajar lebih dalam tentang dunia pertelekomunikasian. Saya ingin mengetahui tentang RF Planning dan Drive Test. Tolong kirimkan bukunya dong mas ke teddiaritama@gmail.com..
    Mohon bantuannya, terima kasih mas :))

    BalasHapus
  74. Malam mas panji
    Saya doni....saya pengen bisa optim n planning nih mas,boleh dong saya di kirimin jg buku2/trik2nya ke email siddoni680@gmail.com

    Thanks ya mas...sukses slalu

    BalasHapus
  75. Dear Mas Panji,

    Saya juga butuh buku 2G,3G,RF nya,

    sahare jg dunk atau cara mendapatkan buku2 nya bagaimana ya Bos?

    BR,
    Boston
    0821 9088 8966
    Email : - boston.gultom@gmail.com
    - bostongultom@yahoo.com

    BalasHapus
  76. Dear Mas Panji

    Saya sedang belajar optimasi, terutama optimasi single site, mohon bantuannya untuk membagi ilmunya, Mas. Terima kasih
    rickymsiahaan@gmail.com

    BalasHapus
  77. @Ricky : Jujur saja justru ilmu optim itu terbaik didapatkan ketika sudah nyemplung kerja di dalamnya. Sedangkan saya belum dapet kesempatan di bagian itu :) jadi kurang mendetail. Kalau mau mas dapat baca" tentang optimasi single site di banyak media.

    BalasHapus
  78. Selamat Malam mas Panji,

    Saya tertarik belajar tentang optimasi, bisa tolong dishare buku2 tentang optimasi ke edwin_sampeliling@yahoo.com?

    Terima kasih mas atas bantuannya.

    BalasHapus
  79. Bagus ini

    Boleeeh ∂ï sharee Im.muchtar@yahoo.com
    Semoga bermanfaat buat smuanya

    BalasHapus
  80. wah..keren banget tulisannya mas.
    saya di bagi juga dong buku2nya

    prismaspr@yahoo.co.id

    Thanks ya mas..

    BalasHapus
  81. wah keren banget tulisannya mas
    saya di kirim juga dong buku2nya

    prismaspr@yahoo.co.id

    thanks ya mas..

    BalasHapus
  82. wah keren banget tulisannya mas
    saya di kirim juga dong buku2nya

    prismaspr@yahoo.co.id

    thanks ya mas..

    BalasHapus
  83. Assalamualaikum, salam kenal mas Panji yang sangat bermanfaat tulisannya,
    saya sekarang sedang belajar telekomunikasi,saya sangat berminat dengan buku yang Anda buat, mohon dikirim juga ya, ini email saya: pangestu_inggit@yahoo.co.id
    atau kalau bukunya dijul saya pesan 1 mas...
    Wassalam,inggit

    BalasHapus
  84. Assalammualaikum mas panji,
    saya sekarang baru akan terjun ke dunia RNP,
    saya tertarik sekali dengan buku anda,
    apabila berkenan, mohon bantuannya untuk menshare ke email saya
    audymiola@gmail.com
    semoga tuhan yang di atas membalas segala kebaikan mas panji

    BalasHapus
  85. Waalaikumsalam, thx audymiola. Saat ini belum ada buku yg dimaksud,yg sudah ada hanya yg beredar ttg 2G 3G planning and optimization,bila ingin bisa diinfokan nanti

    BalasHapus
  86. Mas Panji,

    Mohon saya juga dishare untuk materi2 nya.. thanks before.

    send ke : baharialwin@yahoo.com

    Salam.
    Alwin Bahari

    BalasHapus
  87. Mas Panji,

    Sungguh sangat membantu sekali info2nya.
    Mohon saya juga dishare materi2 telco nya.

    Ke : baharialwin@yahoo.com

    Terima kasih
    Salam
    Alwin B

    BalasHapus
  88. Mas Panji,

    Sungguh sangat membantu sekali info2nya.
    Mohon saya juga dishare materi2 telco nya.

    Ke : baharialwin@yahoo.com

    Terima kasih
    Salam
    Alwin B

    BalasHapus

  89. halo mas panji nama saya roy.
    makasi ya buat artikelnya ngebantu banget saya sehingga saya ada pandangan mengenai fresh graduate dimata perusaahan. mas panji saya boleh minta buku dan materi nya.
    saya masih tingkat 2 jurusan s1 teknik telekomunikasi.saya masih bingung banyak hal tentang seluler terutama pengertian dasar, seperti: frekuensi ,alokasi frekuensi,trafik dan banyak hal lainya .Saya ingin sekali mengerti dasar nya sehingga saya bisa memahami dengan menghubungkan materi yang nantinya lebih dalam lagi.Semoga dari materi yang mas panji berikan dapat membantu saya.
    ke: roynaldonathaniel@yahoo.com
    makasi mas panji

    BalasHapus
  90. ini yang gmailnya mas panji
    halo mas panji nama saya roy.
    makasi ya buat artikelnya ngebantu banget saya sehingga saya ada pandangan mengenai fresh graduate dimata perusaahan. mas panji saya boleh minta buku dan materi nya.
    saya masih tingkat 2 jurusan s1 teknik telekomunikasi.saya masih bingung banyak hal tentang seluler terutama pengertian dasar, seperti: frekuensi ,alokasi frekuensi,trafik dan banyak hal lainya .Saya ingin sekali mengerti dasar nya sehingga saya bisa memahami dengan menghubungkan materi yang nantinya lebih dalam lagi.Semoga dari materi yang mas panji berikan dapat membantu saya.
    ke: roynaldosihotang@gmail.com
    makasi mas panji

    BalasHapus
  91. @Alwin dan Roy:
    senang bisa bantu, karena kesibukan blogger maaf bila blm ada materi yg bisa terkirimkan. Silahkan berselancar saja di blog ini dan blog telko lainnya untuk pengenalan dasar telekomunikasi, bila ada yg ingin bertanya silahkan ajukan saja mungkin saya atau lainnya dapat menjawabnya :)

    Terima kasih

    BalasHapus
  92. Dear all,
    Info buku baru telko untuk para lulusan baru dan pemula sudah ada di http://telecommunicationforall.blogspot.com/2014/02/buku-telekomunikasi-untuk-fresh.html

    BalasHapus
  93. maaf mas panji. bukunya yang versi Ebook ada gak y? thanks

    BalasHapus
  94. maaf mas panji. bukunya ada yang versi ebook gak y?

    BalasHapus
  95. @Arfa: untuk buku yang di posting ini tidak ada versi ebooknya mas.

    BalasHapus
  96. Dear Mas Panji,

    Sudah jadi lom bukunya?mohon infonya dunks.
    Saya sudah lama kerja di telco, khusunya bagian BTS/RBS Engineer.sudah jenuh kerja lama tp salary mentok segitu gitu saja, meski sudah jalan kebeberapa vendor.
    Sudah lama kepingin cari tantangan baru masuk ke bagian RF/Optim, namun belum ada ilmunya.
    Mohon dibantu mas kirimkan saya buku panduan untuk bisa belajar banyak tentang RF atau Optim.
    berikut email saya:
    wpr_freddy@yahoo.com
    freddy.manalu@gmail.com

    BalasHapus
  97. @mas freddy sama dong dgn saya hehehe..utk bukunya pernah saya posting nih di Info buku baru telko untuk para lulusan baru dan pemula sudah ada di http://telecommunicationforall.blogspot.com/2014/02/buku-telekomunikasi-untuk-fresh.html
    Mungkin bisa jd tambahan bekal menghadapi saat wawancara

    BalasHapus
  98. dear mas panji
    mohon info mas panji di bidang pembangunan nya bukan ?

    BalasHapus
  99. @romi kurniawan : pembangunan apa ya mas? bukan,saya di radio planning/design

    BalasHapus
  100. Mas panji, boleh tolong share materi belajar atau buku ke email saya?
    Brilliant.prospect@gmail.com

    Saya ridwan, fresh graduate telekomunikasi yang berminat kerja di bidang telco.

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  101. Terima kasih untuk infonya mas, saya bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang berkarir di dunia telekomunikasi..

    Saya sudah lulus 6 bulan lalu dan blom dapt kerja. Saya sangat mencita-citakan untuk kerja di dunia telekomunikasi karena background saya. Apakah boleh saya minta dikirimkan bukunya atau trik2nya? Ke email saya di : romariagultom@yahoo.com/romariagultom@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya mas.
    Keep Posting :D

    BalasHapus
  102. mau dong klo sudah jadi bukunya...
    saya sudah kerja di bidang telko tapi kasusnya sama kaya mas freddy.... :)

    BalasHapus
  103. seperti yang sudah sebelumnya, ada di http://telecommunicationforall.blogspot.com/2014/02/buku-telekomunikasi-untuk-fresh.html
    untuk hardcopynya.
    Ada buku telko di nulisbuku.com
    penulisnya saya sendiri yang untuk pemula dan juga ada mas Lingga yang lebih expertnya.

    BalasHapus
  104. Dear Mas Panji

    salam kenal mas Panji..
    Nama saya Rengki.
    Puji Tuhan saya ada panggilan untuk Optim Junior project HS NPI XL.
    saya belum berapa lama kenal dunia telekomunikasi. jujur jurusan saya lari jalur.. tapi saya sudah pernah mengikuti training DT project hcpt. dan saya ambil kesempatan emas ini karena saran dari teman2 yg kerja di dunia telko juga.
    Mau tanya mas, kalau untuk yang masih junior RF apa aja yang harus kita kuasai? saya takut nantinya tidak mengerti apa2 dgn posisi optim.
    Berharap bisa bagi ilmunya juga mas tentang dunia optim.
    email: ecareci@gmail.com

    Thanks :)

    BalasHapus
  105. @Rengki : wah kalau begitu mungkin banyak yang iri dengan anda karena walau salah jurusan tapi bisa masuk ke optim junior heheh. Kalau memang minat sih ya diambil saja, paling juga nanti anda akan ketiban banyak kerjaan dari sana. Biasanya sih langsung terjun atau OJT seperti itu malah lebih cepat mengerti belajarnya jadi jgn takut juga. Dunia saya di planning jadi belum bisa share banyak ttg dunia optim :)

    BalasHapus
  106. mas panji saya mahasiswa tingkat 2 teknik elektronika, saya mau belajar banyak tentang telekomunikasi, mohon bantuannya mas saya dikirimi tutorialnya di arekkadu@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  107. newbie need expert advice nih mas,

    saya mhs IT peminatan database system baru slesai skripsi. saya ada pengetahuan sedikit tentang dunia telkom karna saya pernah sekolah di smk telkom jur. teknik switching (maenannya MDF, RTO, softswitch, gitu gitu mas)..

    menurut mas panji, bidang apa yang cocok untuk saya geluti sesuai dengan jurus terbaru saya (database)?

    klo diliat dari info diatas,
    sepertinya OSS / RNP / CADDIE ya mas ? menurut mas yang paling dominan dipakai ilmu databasenya dibagian apa ?

    saya tertarik ingin terjun ke dunia telkomnikasi mas,

    terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  108. Mas panji.. Sy sdh 5 thn DT tp ilmunya masih cetek bget. Niatnya sih pengen belajar PLO. Klu Boleh mohon dishare tutorial bukunya ke email adhypratama.p@gmail.com. Hatur nuhun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5thn DT pasti sudah banyak yg didapatkan :) eh sekarang tems sudah sampai versi 16 ya,saking ga pernah DT terakhir yg saya tau v.8 habis itu gak pernah pakai lagi (tuh saya lebih ketinggalan). Tutorial PLO/DT saya tdk buat,coba dicari dulu sepertinya banyak yg membuatnya.

      Hapus
  109. Mas panji punya ebook tentang OSS?
    mau juga dong,,
    boleh di share mas?

    email : riskas1010@gmail.com

    Terima Kasih

    BalasHapus
  110. Gue freshgraduate gan .. iseng iseng belajar dasar gsm.gue nyoba nglamar di zte indonesia ..gue ketrima gan gaji nego antara 3-4 jt gan .. ane lulusan stm.di jawa tengah .. ane dikasih jabatan wirreless product engineer .. all product zte mulai troubleshooting . Software Repair ane dapet ilmunya

    BalasHapus
  111. @rifandi : selamat gan :)
    semoga semakin maju ke depannya

    BalasHapus
  112. Dear mas panji, dari antara job desk yang di sebutkan untuk Wanita lulusan teknik Telekomunikasi, biasa nya diterima di job desk mana? Saya kerja di dunia Telekomunikasi tetapi hanya di bagian project admin 3 Tahun ini . Saya mau cari pekerjaan baru lagi, pekerjaan yang mana yg biasa di handle oleh wanita. Agar saya tidak salah. Krn tidak semua pekerjaan di dunia Telekomunikasi wanita diterima apalagi jadi engineering, biasanya wanita di dunia Telekomunikasi bekerja sbg apa yang cocok nya dan apa yang harus saya pelajari untuk bisa upgrade lebih lagi. Mohon information nya yaa. lusiester.siagian@gmail.com

    BalasHapus
  113. Halo mba Jeje Qian,

    Banyak teman saya wanita yg bekerja di bidang telekomunikasi baik sebagai PLO, OSS, atau RNP
    Menurut saya ketiga bagian itu cocok untuk wanita yg ingin berkarir di bidang telko.
    Mengapa? karena ketiganya lebih banyak bekerja di dalam ruangan atau bahkan ada yang bisa dikerjakan by remote misalnya OSS dari rumah seperticada teman saya yang sebagai ibu rumah tangga.
    Tentu bila ingin bekerja dari rumah, kita melihat dulu ya kondisi pekerjaannya seperti apa.
    Untuk project admin juga kebanyakan wanita di vendor" :) .
    Semoga terjawab ya.

    BalasHapus
  114. mas panji saya boleh minta buku dan materi nya?
    bimstar04@gmail.com

    Thanks berat mas ^^

    BalasHapus
  115. bang saya fresh grad D3 teknik telekomnikasi
    kira2 pekerjaan apa yang cocok buat saya dan pekerjaan itu bisa di sambi buat lanjut kuliah s1 ?
    mau tanya materi apa aja yang perlu disiapkan pada saat interview
    terima kasih

    BalasHapus
  116. Halo Dimas,
    Pekerjaan yg cocok sebaiknya berhubungan dengan teknik telekomunikasinya bila memungkinkan waktunya untuk sambi kuliah. Karena ada juga kelas khusus karyawan yg masuk sabtu minggu.
    Namun bila masuk kelasnya setiap hari maka bisa pilih yang kelas malam (jika ada). Jenis pekerjaannya ya relatif tergantung load dari perusahaan dan apakah anda bisa mengatur waktunya untuk tetap sambi kuliah.

    Materi yg bisa disiapkan saat interview mencakup dasar" telekomunikasi, rajinlah mempersiapkannya. Salah satu persiapannya bisa lihat di sini :
    http://telecommunicationforall.blogspot.co.id/2014/02/buku-telekomunikasi-untuk-fresh.html

    BalasHapus
  117. Halo Mas Panji

    Bisa di share buku dan materi2nya ahmaddpc@gmail.com, saya lagi butuh banget mas, sya sbagai TNP dan masih butuh baxk ilmu dan pengetahuan.

    BalasHapus
  118. naah saya ambil kuliah malem kira2 pekerjaan bagian apa yang bisa saya lamar ? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  119. @belajarIT : maaf mas, TNP saya tidak punya bahan-bahannya dan belum mempelajarinya, coba baca-baca saja di sumber lain seperti http://achmad.glcnetworks.com/2009/03/09/apa-itu-bagian-transmisi-telco/

    @dimas : berarti cari yang pulangnya bisa on time atau bisa juga beritahu ke atasan anda dengan menjamin pekerjaan tetap diselesaikan dengan baik.
    bagiannya macam" bisa: RNP,OSS,PLO, saya rasa itu semua bergantung pada culture dari perusahaan.

    BalasHapus
  120. halo mas, saya ingin mencoba DT (sambil idle sebenarnya yang pertama diinginkan adalah Network Engineer), kira kira paling cepat mendapat jenjang karir upgradean dari DT (seperti optim/RNO/RF) berapa lama ya mas ?

    BalasHapus
  121. @Fyanka : kalau setiap hari melakukan DT atau sering.. dan pahami apa isi di dalamnya, gabungkan dengan teori yg didapat
    Gak pakai lama untuk naik bisa 6 bulan- 1 tahun. btw jenjang karir juga bergantung pada kebutuhan perusahaan dan kebudayaannya. Bisa jadi anda tetap ditaruh di DT terus bertahun-tahun karena kinerja anda yg baik, namun gpp itu bisa menjadi modal kuat.

    BalasHapus
  122. Selamat malam, Mas. Boleh saya minta referensi buku-buku nya? Kebetulan saat ini saya adalah seorang mahasiswa jurusan S1 Teknik Telekomunikasi di salah satu universitas di Kota Bandung.

    BalasHapus
  123. @Ichvanul : malam mas, referensi buku telekomunikasi sudah pernah diposting sebelumnya di sini, silahkan dibrowse saja ya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  124. Assalamualaikum mas panji,artikel mas sangat membantu dan nambah ilmu baru buat saya..btw saya mempunyai basic sebagai monitoring RAN (NOC) selama 1 tahun dan ingin upgrade ke jenjang yg lebih tinggi lagi,tahap berikutnya harus jadi DT dulu apa boleh langsung ke OSS ENGINEER bisa apa tidak?? Terima kasih,mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  125. Waalaikumsalam,langsung ke OSS saja mas sebenarnya sama saja sih dengan NOC cuma beda istilah aja. Paling gak jauh dari script, xml, command", pemograman dll. Kalau DT udah beda bagian dengan OSS.

    BalasHapus
  126. Mas saya mau tanya, saya lulusan S1 teknik informatika. Dan saya kerja di DT sudah 5bulan hampir 6bulan. Cita2 saya pengen karir saya naik jadi RNO/OSS saya belajar mandiri dari materi2 teori, tapi susah nyantolnya karena blum begitu paham flow nya. Mungkin kah jurusan IT bisa jadi RNO atau lebih?
    Perusahaan saya outsor nexW*** tapi akhir2 ini banuak DT yg di deportasi/relockasi.
    Jujur seperti nya karir saya di dunia telko Meski saya anak IT tpi susah nyantol logika programing.

    BalasHapus
  127. Saya punya teman lulusan teknik informatika yang diandalkan oleh perusahaan dalam pembuatan tools dengan basic yg dia punya di programming. Bisa aja sih dari IT ke telco maupun sebaliknya. Kalau saya bilang sih rugi aja anak informatika tapi ga memanfaatkan bidangnya di programming,justru ke depan itu yg dibutuhkan. Semua bisa" aja,kalaupun pindah bidang ya gak masalah tergantung kemauan belajarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Tapi apakah mungkin klo beda jurusan tpi ingin sukses berkarir di dunia telko. Anyway untuk RF apa saja sih dipelajari / digunakan sehari2. Misal itu ngereportnya apa aka yg digeluti. Trims

      Hapus
  128. iya mas panji. saya belajar dari nol di telco mau naik bertahap dari RF ke RNO biar tahu flow nya. soalnya saya menikmati dunia telco meski agak menguras waktu istirahat.
    ada saran mas bagaimna kedepanya gitu apa yg dipelajari dulu. trims

    BalasHapus
  129. silahkan dipelajari bila memang sudah bertekad utk berkarir di dunia telco, report menggunakan MS office seperti biasa excel,word,ppt,access. yang mau dipelajari dulu ya basic mobile communication aja dengan teknologi baik 2G,3G,4G.

    BalasHapus
  130. Assalammu'alaikum,

    Alhamdulilah ketemu blog yg bagus :)

    Saya aji mas,

    6 bulan bekerja sbg DT enginer, kemudian 6 bulan reporting dan skrg jadi DT analyst

    Tp jujur saja ilmu yg saya punya masih minim, jd dt analyst karena kebetulan aja :D

    Saya pingin belajar jadi RNO mas,, mohon bimbingannya

    kalau boleh share ilmunya mas ke arif.purnomo.aji@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Aji.
      Terima kasih sudah mampir, alhamdulillah.
      Kebetulannya itu sudah pas mas tinggal ditingkatkan saja lagi ilmu dt analistnya. Biasanya di pekerjaan apa yg dilakukan? Apakah define badspot? Optim physical layer? Optim parameter?

      Hapus
  131. Kebetulan sy cuma define badspot mas..
    cm ada beberapa yg saya bisa
    low coverage cuma modal map info buat hitung jarak sama google earth buat melihat kontur tanah
    overshoot dan pilot polution cuma modal cell id atau sc..
    selama ini cuma itu baru yg bisa sy lakukan mas..

    yg optime physical sama parameter team optime mas,,

    mohon advisenya mas, kira2 apalgi yg harus saya pelajari..
    biar bisa jadi dt analyst yg mantep
    setalah itu baru melangkah ke RNO :)

    BalasHapus
  132. Kurang lebih begitu sih,
    Low coverage yang penting bisa jelaskan karena apa
    Low SINR atau Ec/No juga karena apa
    terus solusinya gimana, itu yang kudu dipelajari. Sense perubahan physical juga bisa didapatkan ketika menjadi bagian dari planning.
    Parameter juga bisa dipelajari dari dokumen tempat kita bekerja, yg pasti itu vendor specific biasanya. Saya rasa mas sudah bisa ke RNO, tinggal kesempatannya saja sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada artikel atau ebook gak mas yg direkomendasikan.. atau kalau mas punya bisa kirim donk mas ke arif.purnomo.aji@gamil.com

      byw buku yg mas buat dimana bisa sy dapatkan mas..


      Makasih bnyak mas..

      Hapus
  133. Assalammu'alaikum Mas Panji,

    Saya Syifa, klw saya lihat di komentar ini mas Panji ahli di sisi planning BTS ya.
    Luar biasa ya mas. klw boleh bisa tidak saya belajar sama mas Panji sambil Learning By Doing?
    sama klw OSS mas Panji bisa kah?saya juga sangat tertarik belajar OSS, mungkin bisa di bantu mas Panji.

    Thanks

    BalasHapus
  134. Assalammu'alaikum mas Panji,

    Saya Syifa, klw di lihat di sisi komentar mas Panji ahli di planning BTS ya!
    luar biasa ya, saya tertarik belajar RNP mas Panji sambil Learning By Doing bisa tidak? dari sisi pengalaman saya hanya engineer comissioning/troubleshoot BTS saja.

    Saya juga tertarik utk belajar OSS mas Panji bisa minta utk meterinya?

    Thanks

    BalasHapus
  135. Waalaikumsalam, mas Syifa
    saya juga masih terus belajar hehe
    Silahkan justru dengan learning by doing saya rasa lebih cepat bisa.
    kalau OSS saya gak pernah mas, paling kalau dikasih akses masuk cuma ubah" parameter atau tilting sendiri by remote.
    Saya hanya NPO saja dan belum pernah jadi OSS.

    Trims

    BalasHapus
  136. dear mas panji. mas boleh minta tutorial untuk belajar RF/Optim? saya tertarik untuk bekerja dibidang itu mas.
    ini email nya : anggaharwi@gmail.com

    thank mas

    BalasHapus
  137. hi mas Angga,
    Terima kasih sudah mengorder ebooknya. RF optim itu luas sekali jadi diperlukan proses memahaminya dimulai dari planning dan lanjut ke junior optim. Memang bisa juga sih orang langsung ke optim,namun akan lebih dapat sense -nya jika ia pernah mempelajari planning juga. Silahkan kita diskusikan saja bila ada masalah di pekerjaan.

    BalasHapus
  138. @mas Arif, artikel sih banyak di internet bisa mas baca-baca.
    buku yg pernah sy buat bisa didapat di http://nulisbuku.com/books/view_book/5482/ilmu-praktis-radio-network-planning-untuk-pemula-profesional
    atau ebooknya dengan saya langsung.

    Terima kasih

    BalasHapus
  139. dear mas panji: saya sudah 1.5 tahun bekerja sebahai DT Engineer dan ingin sekali belajar tentang optimasi, kalau boleh saya minta tutorialnya buat belajar menjadi RF optim. ini emailnya mas Nataliusb@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus
  140. @jack : maaf saya tidak punya atau membuat tutorial optim, silahkan baca-baca saja dari blog ini pasti akan ada yg berhubungan dengan pekerjaan optim anda.
    Terima kasih

    BalasHapus
  141. assalamu'alaikum Mas Panji artikelnya sangat bagus terutama untuk Fresh Graduate. untuk ebooknya saya boleh minta kirim email kah? email saya syarifumah@gmail.com
    terima kasih Mas.

    BalasHapus
  142. Hallo Mas panji,,mas panji saya baru bergabung di dunia telekomunikasi,di sini saya lagi cari blok yang membhas mengenai drive test..mohon bantuannya mas biar saya bisa memperdalam lagi..

    email : Ronal_mardyaswan@yahoo.co.id

    Tks Mas Broo

    BalasHapus
  143. @Syarif: Waalaikumsalam, terima kasih sudah berkunjung, ebook yg tentang apakah? soalnya banyak banget bahasan telekomunikasi dan tidak semua saya punya.

    @Roenal: untuk drive test karena saya sudah tidak mengerjakannya lagi maka hanya paham membacanya saja, untuk detil step" melakukannya bisa dikonsul ke teman/blog DT yg lain. Pernah dibahas di sini tentang basic DT silahkan dicari saja,namun itu versi lama (2G).

    BalasHapus
  144. mas panji boleh request softcopy ebook ilmu praktis radio network planning nya? email ke wahyufadlis@gmail.com yaa mas. Terima kasih

    BalasHapus
  145. ninggalin sandal sebelah kanan paman,
    keren ulasannya

    BalasHapus
  146. Hello mas. Kebetulan saya kuliah semester 6. Teknik elektro. Saya pengen bikin skripsi mengenai telekomunikasi. Soalnya saya juga bekerja di fabrikasi telekomunikasi (material besi) saya bingung banget bikin TA dan skripsi nantinya. Kira2 yg cocok seperti apa ya mas? Mohon banget saran dan tanggapannya mas. Jika berkenan membagi ilmunya, mohon di email atau lewat telp saya mas!
    Email : hendrasihombing22071993@gmail.com
    Telp/whatsapp : 082299078020

    Nuhun mas....

    BalasHapus
  147. @Wahyu: maaf baru balas,saya lupa sudah email belum ya :D untuk yg ebook tsb not for free

    @harun: terima kasih kunjungannya

    @hendra:menurut saya bahan skripsi atau TA lebih mudah di tempat kerja sekaranga saja mas. Itu di fabrikasi telekomunikasi (material besi) maksudnya untuk apa ya? apakah pembuatan antena, tower,dll.

    BalasHapus
  148. Ya fabrikasi telekomunikasi mas! Tower monopole, perkuatan tower, aksesoris tower seperti pintu pagar, pagar, pole acbdb, kwh, mounting dll !

    Pengennya bikin skripsi itu di tempat kerja, cuma saya rada2 bingung bisa di terima atau gak pengajuan judul skripsi saya. Kalau boleh minta saran kira2 judul nya apa yang cocok ya mas, selaku saya kerja di fabrikasi telekomunikasi? Mohon sarannya kalau boleh mas. Soalnya saya pengen nyusun dulu dikit2, takut nggak keburu nantinya kalau sudah waktunya nyusun. Tolong bagi nomor telp nya dong mas kalau boleh. Trimakasih banyak.

    BalasHapus
  149. Assalamualayikum .
    Pak boleh request Ebook temtang 3G 2G Dan 4G untuk enginering nya . Terimakasih banyak

    Slam telco dari Indonesia Timur

    BalasHapus
  150. Assalamu'alaikum mas, untuk buku praktisnya apakah sudah ada belum mas? Kalo sudah ada, saya bisa dapatnya dimana? Oh iya, boleh minta emailnya mas?

    BalasHapus
  151. Waalaikumsalam, buku yg pernah dibuat dahulu ada di https://telecommunicationforall.blogspot.com/2014/02/buku-telekomunikasi-untuk-fresh.html
    silahkan dicek sesuai yg dicari atau tidak. Email di panji.ryan@gmail.com

    BalasHapus
  152. Mas panji mau donk share utk bukunya tuk RNP 2g 3g 4g, klo ga keberatan sekalian bwt optime.kbtulan sy oss engineer dah 6tahun udah bosen mas, syukurny baru2 ini dpt tawaran jd RNP. mau belajar biar bs adaptasi cepat. email sy hery.saputra1986@gmail.com. makasih byk mas panji.pernah dpt tawaran jd optime tp sy tolak krn takut ga bs mgkn sy terlalu senang di zona nyaman akhirny nyesel deh. alhmdulillah skrg ada tawaran, sy harus ambil dan belajar.

    BalasHapus
  153. Dear Pak Panji

    Semangat pagi,
    sedikit curhat nih, hehehe
    saat ini saya masih bingung memilih antara banting stir manjadi RNO atau tetap di dunia networking (base IP).
    saya masih berpikir apakah ada vendor yang bisa menerima saya ketika saya melamar RNP atau RNO, karena saya tidak memiliki pengalaman di dunia Telco.
    dan jika berkenan, mohon share buku tentang RNP dan RNO ya Pak.

    Terima kasih
    salam,
    Leo P H

    BalasHapus
  154. @leo, halo tentang buku RNP dan RNO ada banyak tuh pilahannya di nulisbuku.com coba aja cek kategori science. Btw asik juga sudah di dunia networking IP,boleh dishare juga ke saya gimana sih cara belajar dunia per IP-an :)
    Menurut saya sih bebas saja/terserah mau apply ke bidang yg disukai apalagi IP dan Telko masih sama" teknik dan mengarah ke convergence, walaupun memang basicnya berbeda.

    BalasHapus
  155. Assalamu'alaikum mas,artikel yang membantu,
    Saya sendiri lulusan smk telkom dan sekarang lanjut kuliah teknik industri. Tapi sekarang sedang mendalami telekomunikasi karena sudah terlanjur masuk kedunianya. Mohon bantuannya untuk e-booknya apa saja yang berhubungan dengan telekomunikasi mas jika boleh..
    Email : sakarinokhairusy@gmail.com

    Terima kasihh

    BalasHapus
  156. Mas saya mau dong mas bukunya, untuk mengingat lagi ilmu telekomunikasi, saya lulusan d3 teknik telekomunikasi mas, ini email saya mas : yuli.nur94@gmail.com
    Terima kasih mas

    BalasHapus
  157. Assalamu'alaikum mas, saya seorang karyawan kontrak juga di salah satu vendor di indonesia, baru masuk 1 bulan yg lalu melalui jalur fg, dan baru sadar ternyta ilmu telekomunikasi saya masih sangat kurang, maka oleh itu mas tolong dibagi ke saya juga bukunya, email saya rrusmann@gmail.com...

    best regards

    BalasHapus
  158. Makasih sudah mau sharing ilmunya pak. jika boleh tau bukunya bisa didapatkan dimana Pak Panji? saat ini saya di medan bekerja disalah satu subcon untuk project XL JPS Medan. Dan saya merasa ilmu saya di bidang telekomunikasi masih sangat kurang dan terlebih saya tidak pernah merasakan menjadi DT jadi masalah optimasi site dan teknikal data belum banyak yang saya pahami.Mohon info toko buku di medan yang menjual buku pak Panji.

    BR,
    Ijas

    BalasHapus
  159. @Ijas, buku yg saya tulis ini tidak dijual di toko buku mas, hanya di nulisbuku.com ataupun jika ingin ebooknya melalui saya langsung.

    Coba cek nulisbuku.com disitu ada buku telekomunikasi kategori science,salah satunya buku yg pernah saya tulis.

    Terima kasih

    BalasHapus
  160. Permisi mas,mohon izin.. baru baca blognya.
    Perkenalkan saya mahasiswa telekomunikasi sudah jalan 2 tahun(which is 4 semester) tapi masih belum belajar telekomunikasi banget -_-
    Izin boleh minta buku nya mas untuk baca-baca dan dipahami?
    email : joshua.sign@yahoo.com / joshuasitumorang97@gmail.com

    BalasHapus
  161. Saya drive tester pingin nambah pengetahuan mas . Email : wonk.k3r3n@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  162. terima kasih mas uda sharing ilmunya, btw mas saya mahasiswa telco tingkat akhir yang lagi skripsi nah saya rencana mau langsung cari kerja di dunia telco, kira kira kalo FG D3 telco ngelamar di subkon/vendor itu harus memulai dari DT engineer dulu kah mas ? karna saya pengennya di RF/RNP dan juga pernah jadi DT dan Installation engineer waktu magang 2 kali di Nexwave dan GCI selama kuliah di Univ Telkom. mohon mas bantuannya trimakasih

    BalasHapus
  163. @Rionaldo: Tidak harus DT, tergantung kebutuhan dari subcon tsb sedang dapat project apa, mungkin kebetulan subcon sering adanya DT, PLO, installation,rigger. Apalagi sudah punya pengalaman di DT dan instalasi ya bisa jadi lebih mudah dapat di kedua itu, dicoba saja yg diinginkan.

    BalasHapus
  164. Pak Panji saya sangat tertarik sekali dengan dunia telekomunikasi. Bisakah saya minta buku-buku yang berhubungan dengan bidang tersebut ke alamat Oktarinamaulidia91@gmail.com.
    Terima kasih

    BalasHapus
  165. Minta dong bang panji soal ini "yang isinya ttg ilmu2 praktis untuk para fresh graduater seperti :
    Dasar2 GSM,CDMA,WCDMA,Microsoft Excel yg sering dipakai dalam dunia kerja"

    Minta tlg babg di kirim ke email jiwa99@gmail.com, yang kemarin

    BalasHapus
  166. Boleh jg ni buat tambah ilmu,tolong dong bagi2 ilmunya mas ekoar99@gmail.com

    BalasHapus
  167. Selamat malam mas panji,
    Super sekali untuk infonya mas.
    Bisa bagiin buku nya?
    Saya baru kerja di dunia telko nih d salah satu vendor, n saya bukan background it.
    Bisa bagi ebook nya,
    iwin_090@yahoo.com

    BalasHapus
  168. Email sent done yah..
    Terima kasih telah berkunjung.
    Salam sukses dan sehat untuk semuanya

    BalasHapus
  169. Wahh bermanfaat kali info nya uyy...
    Btw saya minat e book nya bang...
    Tertarik sekali...

    Tolong Bang Minta ke email
    fr09021998@gmail.com

    Terimakasih

    BalasHapus
  170. mas panji...saya mau juga ebook RF nya... ini email saya mas rein.sinaga78@gmai.com

    BalasHapus
  171. salam kenal bang,,
    menarik sekali tema yg d bicarakan..
    mohon bimbingannya bang buat upgrade ilmu di Telko.
    sekarang saya bekerja sebagai DTE di salah satu Telekomunikasi di indonesia..saya pengen bisa upgrade paling gak bisa mempelajari RF/RNO..Mohon petunjuk dan arahannya.
    Mardyaswan@gmail.com

    Tks Regard,

    BalasHapus
  172. Mantap jiwa bang panji.
    Boleh share ebook nya buat memperdalam,
    Saya baru di dunia telco

    Email : praditayogi1992@gmail.com

    Best regard,

    BalasHapus
  173. silahkan diemail ke saya untuk info ebook dan dokumen pendukung belajar telko.

    BalasHapus
  174. Maksudnya saya pengen order ebook punya mas panji, gimana prosedur nya?

    BalasHapus
  175. belajar dari dasar optim ada bukunya gk?
    yg awam seperti sy.

    BalasHapus
  176. @Pradita : sudah diemail ya caranya
    @Zul Kifli : coba cek di nulisbuku.com mungkin ada dari penulis lainnya seperti mas Lingga, untuk buku baru tentang LTE masih digarap bersama teman.

    BalasHapus
  177. Mantap jiwa bang.. Boleh minta ebook ttng telkonya bang... arie.ocktavian@gmail.com
    Trima kasih

    BalasHapus
  178. Mantab bang! Boleh minta file e-booknya kah?
    Saya mau nambah wawasan di dunia telekomunikasi, persiapan buat kerja juga.
    Bagasap90@gmail.com
    Makasih bang

    BalasHapus
  179. Assalamu'alaikum mas Panji
    Saya freshgraduate D3 teknik telekomunikasi mas. Untuk cewek peluang kerja ditelco bagian apa ya mas ? Soalnya banyakan yang dibutuhkan cowok. Jadi galau saya mas :( Apakah tidak ada peluang but cewek?
    Saya juga pengen ebooknya mas panji. Boleh dishare nggak ya mas ke email nfauziyah848@gmail.com? Buat prepare kerja. Terimakasih sebelumnya mas :)

    BalasHapus
  180. Hai Fauziyah ,

    Waalaikumsalam,

    Jangan khawatir, peluang untuk wanita pun sama dengan pria, banyak kok.
    seperti di bidang Radio network planning,PLO ataupun OSS.

    Sudah diemail yah,terima kasih kunjungannya

    BalasHapus
  181. Saya jg mas, kebetulan saya rno lte, tp msh kurang ilmu,
    Mohon dishare ebook nya ke firmanalamain18@gmail.com

    Terima kasih mas

    BalasHapus
  182. Nice artikel mas. Kalo boleh dishare ebook nya buat nambah ilmu nya ke skendajr64@gmail.com
    Makasih sebelum dan sesudahnya :)

    BalasHapus
  183. Assalamualaikum mas panji, artikelnya good job dan bahasanya ringan ,mudah dimengerti orang

    Mas, saya minta tolong, kalo boleh apa saya bisa minta ebokk terbitan mas? Tips tips dan trik trik ke ardisns56@gmail.com makasih masssss

    BalasHapus
  184. Waalaikumsalam Warahmatullohhi Wabarakaatuh,
    silahkan dicek emailnya :)
    terima kasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  185. Buat temenn-temen yang belum join di free kulgram (kuliah telegram) tentang radio planning dan optim silahkan dapat klik link berikut https://t.me/NPOtelekom dan ikuti tips-tips dari sharing knowledge di sana.
    Selamat belajar

    BalasHapus
  186. permisi mas panjii.. saya juga lagi kuliah di jurusan t. telekomunikasi, apa boleh sy minta ebooknya? Email saya karisa.hanifah@gmail.com

    terima kasih sebelumnya:)

    BalasHapus
  187. Permisi semua saya dari Sarjana Desain Komunikasi Visual
    saya ditawari kerja di dunia telekomunikasi, sedangkan saya belum begitu faham dunia telekomunikasi
    boleh minta sarannya jika saya masuk dunia telekomunikasi di bagian apa ya kerjanya?
    terimakasih
    email: shinta.anjani11@gmail.com

    BalasHapus
  188. Sarjana Desain Komunikasi Visual ditawari kerja di telekomunikasi di bagian apa mba? beberapa teman memang ada sih yang tidak nyambung antara kuliah dengan kerja hehe. Sepertinya ke marketing...IMHO

    BalasHapus
  189. mas panji..apa pengertian dari project OPTIM

    BalasHapus
  190. Mas panji bisa kirim ebooknya ke email saya taufiq.wahid58@gmail.com artikelnya bermanfaat banget mas walaupun saya masih baru di jurusan telkomniksi tapi sangat sangat tertarik lebih dalam lagi setelah membaca artikel anda ☺☺🙂🙂

    BalasHapus
  191. mas @Mansur : bila optim yang dimaksud adalah suatu pekerjaan optimasi jaringan (bukan singkatan),maka project optim ditujukan untuk mencari optim engineer seperti NPO , PLO, dan kaitannya ke pekerjaan optimasi jaringan radio telekomunikasi.

    mas @taufiq : terima kasih sudah membaca, akan saya kirim nanti ke emailnya

    BalasHapus
  192. Halo mas panji, seneng sekali baca artikel ini.Saya fresh graduate tek.telekomunikasi, dan skrg pingin belajar lebih ttg dunia telco,dulunya saya pernah magang jadi DT mas hehe, tapi kan cewe jadi pengennya skrg ga kerja di jalan. Saya tertarik sama ebooknya mas, apa saya boleh minta ini email saya ayunuranisaa@gmail.com

    BalasHapus
  193. Malam Mas Pandji. saya fresh graduate elektro telekomunikasi tapi merasa masih kurang paham apa yang harus saya dalami sebelum terjun ke dunia kerja, sehingga jadi tertarik sama buku yang mas tulis mudah2an ada pencerahan dari sana. saya juga mau nanya mas, kalau FG biasanya memulai karir sebagai apa ya di dunia telco ? makasih
    email saya bagusamudra@gmail.com

    BalasHapus
Posting Komentar

Search Another