Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Search

Jumat, 26 Februari 2010

3G Radio Network Planning

3G (Third Generation) RNP wah kedengaran mengasikkan setelah sekian lama tidak pernah bersentuhan dengannya dan belum merasakan secara langsung apa dan bagaimana rasanya menjadi seorang 3G planner. Sempat iri juga dengan teman-teman yang sudah merasakan menjadi 3G planner / RNP 3G. Denger" sih planning di 3G lebih mudah dari 2G hmm bila dilihat dari sisi frekuensi sih iya lebih mudah wong boleh memakai frekuensi yang sama dalam beberapa site karena teknik dasar CDMAnya yang membedakan adalah kode atau scrambling codenya. Jumlah Scrambling Code pun banyak ada 512 buah untuk downlink sedangkan untuk uplink kalo ga salah ada 2 pangkat 24 scrambling code yang pengaturannya diset oleh RNC (BSC klo di 2G).
Nah yang diplan oleh planner 2G adalah yang downlinknya. Setiap sel 3G dibedakan oleh 8192 codes (512 Primary Scrambling code dan 15x512 Secondary Scrambling Code). Biasanya seorang planner 3G membagi 512 SC itu menjadi 64 grup tiap grup berisi 8 primary SC. Banyak bukan?
Bukan hanya itu saja,antara scrambling code satu dengan lainnya tidak mengenal adjacent interference seperti halnya plan frekuensi ,asalkan Scrambling Code nya tidak sama antar site yang berdekatan ditambah boleh reuse juga karena terbatasnya code (tu kan banyak wah enak juga ya kalau begitu). Tapi jangan merasa puas dulu, itu kan baru dari segi plan scrambling code. Bagaimana plan trafik , capacity, dan coveragenya? Apa itu CPICH? hmmm

Tunggu postingan selanjutnya...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

RNP Support itu apa ya?
trus kerjanya ngapain aja?

Panji RW mengatakan...

RNP support ? baru denger juga
maksudnya support kerjaannya RNP?

Search Another

Amazone Stores

Blog search