2G Frequency Planning

Panji Ryan Widhi
2

Mau nulis apa yh sekarang jadi bingung belum ada bahan lagi hehee :)
Ditambah lagi mau plan banyak new site nih dan juga retune frequency bcch dan tch biar lebih improve parameter KPI-nya. Parameter KPI (Key Performance Index) apa sih yang berhubungan dengan frequency interference ??
hmm jawabnya Call Setup Success Ratio (CSSR) , Handover Success Ratio (HOSR), Call Drop Rate / TCH Drop Rate, SDCCH Success Ratio (SDSR). Pengertian tentang parameter" tersebut lihat aja di label postingan KPI and Optim.
Bicara tentang planning 2G frequency sebenarnya yang paling ribet adalah pengaturan frekuensi bcch dan tchnya bila alokasi frekuensi yang ada sedikit/terbatas tetapi kita sebagai planner harus bisa menggunakan daya frekuensi itu dengan baik setidaknya sangat sedikit terdapat adanya interferensi frekuensi terutama co channel interference. Sebaiknya planner juga mempunyai lebih dari 1 alat bantu plan,jadi jangan hanya mengandalkan dari satu prediksi planning tool saja. Planner pun juga harus tahu keadaan actual setiap hari alias update untuk menghindari kesalahan perencanaan yang diakibatkan karena tidak updatenya suatu data nilai frekuensi yang sedang on air saat melakukan planning.
Selain data frekuensi yang update, diperlukan juga data antena real yang digunakan di lapangan agar prediksi di planning tool sesuai dengan yang diharapkan. Namun adakalanya kita harus memperhatikan polarisasi antena yang ada di planning tool, mengapa? karena ada tipe antena yang polarisasinya seharusnya tidak bersifat omni (makro) tetapi bila dilihat di equipment cellular antenna hasilnya malah omni,sehingga ini membuat kesalahan yang fatal dalam prediksi.
Lalu bagaimana cara untuk memeriksa keseluruhan antena yang sudah digunakan apakah polarisasinya salah atau tidak?
Mungkin jawaban yg paling mudah adalah dengan melihat hasil best server dari seluruh site yang hendak diperiksa. Bila ada cov best server yang mencurigakan seperti bentuknya bulat di sekitar site maka itu perlu diperiksa lagi tipe yang digunakan dan kembali memperbaiki dengan tipe antena yg benar dari cellular equipment tadi. hoho terlihat sepele yah? tapi yah nyatanya bisa mempengaruhi ketelitian kita dalam memplan suatu frekuensi, entah itu ingin meretune agar nilai KPI naik, upgrade downgrade, ataupun membuat site baru.

Posting Komentar

2Komentar

Silahkan berkomentar yang baik di sini :) (no junk)

  1. mas punya semacam powerpoint atau artikel mengenai cisco router fungsi dan aplikasinya di jaringan BSS

    BalasHapus
  2. hmm..router cisco yah,ga punya jg sih,mungkin bs liat di http://mudji.net/press/?paged=3 atau http://bangil.awardspace.com/doc/Wireless_Access_Point.doc

    BalasHapus
Posting Komentar

Search Another