Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Search

Sabtu, 19 September 2009

CDMA Technology

Pagi-pagi gini setelah sahur sambil menunggu waktu subuh enaknya ngapain ya... ngenet dulu aja ah,bete di kamar banyak nyamuk (masih musim banyak nyamuk nih) tidur pun juga jadi kurang nyaman. O yah jadi inget dulu pernah baca buku tentang seluler salah satu isinya ada yang membahas tentang benarkah ada perbedaan fixed wireless dengan seluler. Di situ intinya lebih menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan antara fixed wireless dengan seluler, bisnis tersebut hanyalah aka-akalan pemerintah saja ketika dimunculkannya teknologi CDMA 2000 1x. Lalu strategi pemasaran jitu diterapkan, disebutkan teknologi fixed wireless adalah seperti telepon rumah namun bisa dibawa kemana-mana (tak bawa kemana-mana,haha) dengan penomoran konvensional dan tarif murah. Inilah yang kita kenal dengan sebutan HP CDMA.
Namun kita ingat dahulu Hp CDMA hanya bisa digunakan di area-area yang terbatas tidak bisa menjangkau bila kita keluar dari area layanan karena terbatasnya lisensi. Terbatasnya inipun juga strategi agar GSM tidak kehilangan pelanggannya yang apabila hp cdma sudah bisa dipakai dimana-mana tentu orang akan lebih memilih layanan yang murah ini. Akhirnya sekarang kita pun tau bahwa hp cdma sudah bisa dipakai dimana-mana namun dengan mengaktifkan kodenya terlebih dahulu. Ternyata setelah CDMA sudah mendapat hak lisensi itupun, pelanggan GSM juga masih tetap banyak dikarenakan memang pasar GSM sudah lebih dulu memasuki para user/pemakai di Indonesia. Dan kita juga tahu bahwa GSM pun menerapkan strategi penurunan tarif untuk menyaingi CDMA. Tentu setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda-beda dalam memakai kedua teknologi ini. Satu yang pasti teknologi ini akan semakin berkembang nantinya dan pastinya strategi pemasaran para operator akan berubah ke depannya,....kita lihat saja :)

1 komentar:

made gelgel mengatakan...

betul mas sepertinya sekarang perang tarif hp udah dimulai, gak kayak dulu kena roaming, harga kartu 1 juta lebih hehehe

Search Another

Amazone Stores

Blog search