Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Search

Senin, 16 Juni 2008

Call Setup Process Part1

Sesuai dengan permintaan comment sebelumnya kali ini kita bahas ttg proses call setup atau proses ketika MS menghubungi MS lain (jalur ketika kita menelpon seseorang sampai dapat terkoneksi sehingga kita bisa melakukan sebuah percakapan). Baiklah kita mulai,..

Pertama" ketika kita melakukan panggilan dengan menekan sebuah tombol angka"di hp, maka terjadilah yang namanya RR (radio resource) connection establishment, yaitu informasi yang akan kita kirim berupa nomor" itu dikirimkan ke MSC, nah agar dapat dikirim ke MSC maka dibutuhkan RR connection ke MSC. RR connection establishment ini ditrigger/dipacu dengan mengirimkan channel request message (memakai RACH). Pesan ini lalu request ke BSS agar menyediakan alokasi utk RR utk RR connection setup. Handset/HP kita lalu menunggu assignments di AGCH (Access Grand Channel) dan mendengarkan AGCH utk membalas. BSS mengalokasikan TCH ke handset. Alokasi TCH memberikan frekuensi dan sebuah time slot disana. Setelah handset/mobile menerima pesan ini, mobile hanya menggunakan resource yg spesifik utk berkomunikasi dengan mobile network.
BSS mentransmisikan radio resource assignment ke mobile via AGCH, pesan tsb mengandung time dan frequency corrections. Time correction memungkinkan mobile mentransmisikan tepat pada waktunya agar dapat mencapai BSS tepat hanya pada slot yg sdh disediakan. Pengaturan timing dan frekuensi berdasar advice dari BSS merupakan langkah yg diperlukan agar transmisi dari mobile dapat sampai ke base station pada waktu yg tepat dan frekuensi yg benar. Mobile melakukan tunes (mengatur/menset) kembali dari AGCH dan tunes ke radio channel yg dituju. Ini adalah pesan pertama yg dikirim setelah tuning ke channel. Mobile menginisiasikan LAPm connection dengan BSC dengan mngirimkan pesan sebuah Set Asynchronous Balanced Mode (SABM). BSS membalasnya dgn Unnumberred Acknowledge (UA) utk melengkapi LAPm setup handshake (teman"pernah dengar three way handshake ngga?semacam itulah dan belum bisa membaca artikel ini terlebih dahulu --> three way handshake). BSS menerima CM service request message dari mobile dan forms sebuah layer message ke-3(network). BSS kemudian 'piggy back' ke SCCP connection request message.
bersambung dlu ya.........

6 komentar:

Panji RW mengatakan...

mo nambahin sedikit buat tulisan sendiri, itu pas RRC request minta slot SDCCH lewat RACH dan AGCH yang memberikan slot SD ada atau ga. Kalau berhasil maka immediate assignment sukses,dan akan dicari tch yg available

Anonim mengatakan...

Sory Keknya Kudu Di Ralat.. Itu Semua Diatas yg DIjelasin Bukan Proses Call Setup Yah.. tapi baru proses Radio Access / Sebelum Call Setup.. Kalo Proses Call Setup Tu udah Dapat Kanal SD Sampe Kelar

Panji RW mengatakan...

Mungkin penjelasan di atas maksudnya Mobile Originated (MO) ya? karena proses call setup itu kan ada 2 yaitu MT dan MO

Anonim mengatakan...

MT Sama MO Bedanya Cuman di paging doank..
Klo MT Ada Paging sebelum dapat RACH
Klo MO ya langsung RACH

Panji RW mengatakan...

oh begitu ya, terima kasih sudah koreksi dan berbagi.. :) mas siapakah ini, salam kenal

Anonim mengatakan...

Sama2 bro.. Salam Kenal Jg :)

Search Another

Amazone Stores

Blog search