Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Search

Kamis, 08 Mei 2008

GPRS

GPRS (General Packet Radio Services)


Teknologi transmisi data GSM berupa GPRS(General Packet Radio Services) adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk pelayanan data wireless seperti pada wireless internet atau intranet serta pelayanan multimedia.

"
Alat komunikasi dengan GSM GPRS mempunyai fasilitas pertukaran data sampai dengan kecepatan 170kbps "

Juga biasanya disebut sebagai GSM-IP(internet Protocol), karena akan menghubungkan pengguna dengan ISP (Internet Service Provider).

Salah satu keuntungan dari teknologi baru ini adalah, pengguna akan selalu terhubung atau connected. Selalu online, tetapi akan dikenai biaya hanya dari besarnya data yang ditransmisi. Dengan teknologi ini panggilan secara voice dapat dilakukan secara bersamaan dengan transmisi data. Tetapi ini tergantung dari jenis hp yang digunakan.

Banyak pembuat hp telah menggunakan teknologi ini pada hpnya. Seperti Erricson, Nokia, Siemens, Sagem, Alcatel, Samsung, Motorola dan sebagainya.

GPRS merupakan suatu tambahan pelayanan baru pada network yang telah ada. Dengan GPRS , para operator network GSM dapat memberikan pelayanan kompetitif untuk pertukaran data, sehingga melengkapi jasa pelayanan yang mereka berikan.

Teknologi ini sedang berkembang, dan tentu saja seperti teknologi pada dunia wireless lainnya, teknologi ini akan berkembang sangat cepat. Seperti GPRS roaming yang merupakan kebutuhan dasar untuk terwujudnya global mobile internet bagi pelanggan GPRS pada berbagai operator GPRS network pada masa yang akan datang. Ini diterapkan pada GRX, yang merupakan suatu IP routing network tersentralisasi untuk interkoneksi antar GPRS network. Sistem GRX yang berdasarkan GPRS roaming telah berhasil dilakukan antara Sistem roaming Sonera dengan network dari Nokia.

Tentu saja banyak perusahaan besar lainnya terus mengembangkan sistem ini, yang pada akhirnya mudah2an dapat menguntungkan konsumen.

Fitur-fitur/features penting di GPRS

General Packet Radio Service (GPRS) adalah sebuah jasa pelayanan tambah berupa nonvoice yang memungkinkan informasi dapat dikirim dan diterima pada sebuah mobile telephone network. Sistem ini menambahkan fasilitas baru dari apa yang ada sekarang yaitu Circuit Switched Data and Short Message Service. GPRS tidak ada hubungannya dengan GPS (the Global Positioning System). Beberapa features unik GPRS adalah sebagai berikut :

KECEPATAN

Secara teoritis kecepatan maksimum sistem ini 171.2 kilobytes per second (kbps). Ini adalah adalah 3 kali lebih cepat dari transmisi data dari sistem network telekomunikasi fixed yang ada dan 10 kali lebih cepat dari Circuit Switched Data pada sistem network telekomunikasi wireless GSM saat ini.Dengan kecepatan pengiriman data, maka sistem ini tentu saja akan memberikan pelayanan yang lebih murah dibanding dengan SMS atau Circuit Switched Data.

SELALU TERSEDIA

GPRS adalah sebuah sistem yang terhubung terus, dimana informasi dapat segera dikirim atau diterima saat diperlukan. Tidak perlu adanya dial-up modem. Karena itu seperti telah diterangkan diatas sebelumnya, GPRS adalah sebuah sistem yang "always connected".

APLIKASI BARU YANG LEBIH BAIK

GPRS memberikan fasilitas baru untuk beberapa aplikasi yang sebelumnya tidak ada pada network GSM, karena adanya keterbatasan pada kecepatan di Circuit Switched Data (9.6 kbps) dan panjang message/berita pada Short Message Service (160 characters). GPRS akan dapat secara penuh mengaplikasi internet seperti yang biasa kita dapatkan di desktop komputer, dari web browsing sampai dengan chat. Selain itu GPRS akan memberikan kemudahan transfer file, dan home automation yaitu dengan dapatnya kita mengontrol alat2 dirumah kita secara remote dari daerah diluar rumah kita sendiri.

MENGGUNAKAN GPRS

Untuk dapat menggunakan GPRS, diperlukan beberapa hal yaitu:

  • Hp atau terminal dengan sistem GPRS (banyak telepon baru yang telah menyediakan sistem ini)
  • Mendaftar pada operator network dengan sistem GPRS
  • Penggunaan GPRS harus telah diizinkan oleh operator network bersangkutan.
  • Pengetahuan tentang bagaimana mengirim dan menerima informasi GPRS dengan hp yang dimiliki.
  • Sebuah tujuan untuk mengirim atau menerima informasi melalui GPRS. Kalau pada SMS biasanya tujuan ini adalah hp orang lain, maka pada GPRS kemungkinan tujuan yang paling banyak adalah alamat pada internet, karena GPRS didisain agar internet dapat digunakan oleh pemegang hp.

Tidak ada komentar:

Search Another

Amazone Stores

Blog search